Pengelolaan Program Induksi Guru Pemula (Pigp) Di SMP Negeri 3 Kunduran Blora

Main Authors: Sugiyarti, S, Sumardjoko, Bambang
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Universitas Muhammadiyah Surakarta , 2017
Subjects:
Online Access: http://journals.ums.ac.id/index.php/varidika/article/view/5143
http://journals.ums.ac.id/index.php/varidika/article/view/5143/3432
Daftar Isi:
  • Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi program induksi guru pemula (PIGP) di SMP Negeri 3 Kunduran. Metode pengumpulan data dengan wawancara, observasi dan dokumentasi. Keabsahan data menggunakan trianggulasi data. Teknik analisis data dengan analisis interaktif ang meliputi tahapan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menyatakan bahwa perencanaan PIGP direncanakan secara bersama oleh kepala sekolah dan guru pembimbing. Kepala sekola membuat analisis kebutuhan dan ditindak lanjuti oleh guru pembimbing menjadi prioritas pembimbingan pada bulan pertama program. Pelaksanaan PIGP pada bulan kedua sampai dengan bulan kesembilan dimana pada tahab pelaksanaan guru pemula melaksanakan pembelajaran didampingi guru pembimbing dengan evaluasi dilakukan minimal satu kali tiap bulan oleh guru pembimbing. Evaluasi akhir dilaksanakan pada bulan kesepuluh dan kesebelas oleh guru pembimbing, kepala sekolah, dan pengawas untuk menentukan kelanjutan karir keprofesian guru pemula.