USULAN STRATEGI PENGEMBANGAN WISATA DANAU HOCE DENGAN METODE ANALISIS SWOT DAN ANALYTICAL HIERARCHY PROCESS (AHP)
Main Authors: | Kurniawan, Irwan, Prima, Febri, Prawatya, Yopa Eka |
---|---|
Other Authors: | Irwan Kurniawan, Universitas Tanjungpura, Jurusan Teknik Industri |
Format: | Article info application/pdf eJournal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Universitas Tanjungpura
, 2023
|
Online Access: |
http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jtinUNTAN/article/view/62228 http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jtinUNTAN/article/view/62228/75676596365 |
Daftar Isi:
- Danau HOCE (Hobby Center) merupakan objek wisata danau buatan yang sangat memiliki potensi besar untuk dikembangkan namun belum banyak dikenal oleh masyarakat. Objek wisata ini belum memenuhi unsur 3A pariwisata sebagai unsur minimal yang harus ada dalam suatu tempat wisata, objek wisata ini juga mengalami penurunan dan ketidakstabilan jumlah pengunjung, yakni dari angka 2158 pada bulan Januari 2022 dan terus turun hingga angka 538 pada bulan April 2022, kemudian naik lagi pada bulan berikutnya sebanyak 1265, turun lagi pada bulan berikutnya dan terus seperti ini sampai pada bulan Desember 2022. Penurunan dan ketidakstabilan jumlah pengunjung ini merupakan permasalahan yang cukup serius karena pengunjung objek wisata Danau HOCE merupakan sumber penghasilan utama perusahaan, sehingga perlu dilakukan analisis secara mendalam dahulu mengenai keadaan tempat ini. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi faktor internal dan eksternal SWOT agar dapat mengetahui posisi kuadran perusahaan serta dapat membuat alternatif strategi terbaik untuk meningkatkan jumlah pengunjung ke objek wisata Danau HOCE.Penelitian dilakukan dengan melakukan identifikasi faktor SWOT di perusahaan untuk mengetahui posisi perusahaan ada di kuadran berapa. Berdasarkan hal tersebut, maka akan diketahui strategi yang harus dipilih antara SO, ST, WO, atau WT. Berdasarkan strategi terpilih akan diberikan desain animasi. Selanjutnya menggunakan metode AHP untuk memberikan peringkat prioritas dari alternatif-alternatif di dalam strategi terpilih dari SWOT sebelumnya dengan pertimbangan kriteria.Berdasarkan hasil pengolahan SWOT, diketahui posisi perusahaan berada di kuadran III (Turn Around), artinya strategi yang dapat dijalankan adalah strategi WO (Weaknesses – Opportunities) sebagai strategi yang terpilih dengan nilai 3,309071. Terdapat 16 strategi yang ada di dalam startegi WO, kemudian strategi tersebut dikelompokkan menjadi beberapa alternatif yaitu strategi meningkatkan amenitas/Alternatif 1 (A1), strategi meningkatkan aksesbilitas/Alternatif 2 (A2), strategi meningkatkan atraksi/Alternatif 3 (A3), strategi meningkatkan kualitas promosi/Alternatif 4 (A4), dan strategi meningkatkan kerja sama/Alternatif 5 (A5). Berdasarkan hasil pengolahan data AHP, diketahui A4 yaitu strategi meningkatkan kualitas promosi dengan nilai bobot 0,357 sebagai prioritas dengan nilai tertinggi. Kata Kunci: Alternatif, AHP, Danau HOCE, Objek wisata, Strategi, SWOT