PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN MUSIK MELALUI PEMANFAATAN GAMOLAN LAMPUNG UNTUK SISWA SD DI BANDAR LAMPUNG

Main Authors: TEJAPERMANA, PRISMA, RUNASARI, RELLYA
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: ind
Terbitan: Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung , 2019
Subjects:
Online Access: http://ejournal.radenintan.ac.id/index.php/terampil/article/view/3185
http://ejournal.radenintan.ac.id/index.php/terampil/article/view/3185/2569
Daftar Isi:
  • Pembelajaran musik di SD merupakan bagian dari upaya pembentukan kepribadian siswa dalam rangka membentuk menjadi manusia Indonesia seutuhnya. Model pembelajaran yang dikembangkan harus memuat metode-metode yang menyenangkan bagi siswa untuk menghindari kejenuhan dalam pembelajaran musik di kelas. Salah satu upaya tersebut ialah dengan penerapan model pembelajaran dengan memanfaatkan instrumen musik daerah setempat yaitu Gamolan. Selain mengenalkan kearifan lokal kepada siswa, diharapkan juga siswa dapat lebih memahami pembelajaran unsur-unsur musik seperti timbre, nada, melodi, harmoni, dinamika, tempo, melalui permainan Gamolan. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data terdiri dari: observasi, wawancara, dan dokumentasi. Setelah melakukan dua siklus proses pembelajaran, penelitian ini menghasilkan sebuah model pembelajaran yang dilandasi oleh pendekatan scientific learning, dengan sintaksis observing, discusioning, experimenting, associating, serta communicating. Penelitian ini menghasilkan model pembelajaran musik dengan pemanfaatan instrumen musik gamolan yang dapat digunakan oleh guru SD untuk mengembangkan kemampuan musikal siswa Sekolah Dasar. Sedangkan tujuan model pembelajaran musik melalui pemanfaatan instrumen musik Gamolan untuk dapat dijadikan acuan bagi Dinas pendidikan Kota Bandar Lampung sebagai dasar kebijakan penyusunan Program pembelajaran musik bagi siswa Sekolah Dasar.