PENINGKATAN MOTIVASI BELAJAR PAI MELALUI METODE PEMBELAJARAN QUESTIONS STUDENTS HAVE PADA PESERTA DIDIK KELAS IV SDN I HAJIMENA KECAMATAN NATAR KABUPATEN LAMPUNG SELATAN TAHUN PELAJARAN 2015/2016

Main Author: IFRIANTI, SYOFNIDAH
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: ind
Terbitan: Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung , 2017
Subjects:
Online Access: http://ejournal.radenintan.ac.id/index.php/terampil/article/view/1327
http://ejournal.radenintan.ac.id/index.php/terampil/article/view/1327/1054
Daftar Isi:
  • Permasalahan yang ditemukan dilapangan adalah pesesta didik masih kurang ikut berpastisipasi dalam belajar dan pada saat pembelajaran berlangsung masih berpusat pada guru dan kurangnya semangat belajar. Sebagai salah satu upaya untuk meningkatkan motivasi belajar peserta didik saat pembelajaran PAI yang menarik dan dapat memicu peserta didik untuk ikut aktif dalam pembelajaran yaitu dengan menggunakan model pembelajaran yang inovatif. Salah satu strategi pembelajaran aktif yang dapat diterapkan dalam pembelajaran PAI di SD adalah Active Learning. Model Active Learning adalah strategi belajar mengajar yang bertujuan meningkatkan mutu pendidikan. Untuk mencapai keteribatan siswa agar efektif dan efisien dalam belajar mengajar, yaitu dari siswa, guru, situasi belajar, program belajar, dan sarana belajar. Salah satu model pembelajaran Active Learning adalah metode Questions Students Have. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan dapat diambil kesimpulan sebagai beriku: Metode Questions Students Have dapat meningkatkan motivasi belajar peserta didik kelas IV pada mata pelajaran PAI. Hal ini dapat dilihat dari indikator motivasi belajar peserta didik. Peningkatan motivasi dapat dilihat antara lain: tekun menghadapi tugas meningkat dari 60% (Prasiklus), 77,5% (Siklus I), 100% (Siklus II), ulet menghadapi kesulitan meningkat dari 35% (Prasiklus), 57,5% (Siklus I), 82,5% (Siklus II), menunjukkan minat meningkat dari 30% (Prasiklus), 40% (Siklus I), 80% (Siklus II), lebih senang bekerja sendiri meningkat dari 30% (Prasiklus), 57,5% (Siklus I), 85% (Siklus II), cepat bosan pada tugas-tugas yang rutin meningkat dari 30% (Prasiklus), 45% (Siklus I), 82,5% (Siklus II), dapat mempertahankan pendapatnya meningkat dari 35% (Prasiklus), 55% (Siklus I), 82,5% (Siklus II), tidak mudah melepas hal yang diyakini meningkat dari 35% (Prasiklus), 42,5% (Siklus I), 80% (Siklus II) dan senang mencari dan memecahkan masalah soal-soal meningkat dari 35% (Prasiklus), 45% (Siklus I), 80% (Siklus II).