MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN, KONEKSI DAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA SEKOLAH DASAR (SD) MELALUI RECIPROCAL TEACHING

Main Author: NEGARA, HASAN SASTRA
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: ind
Terbitan: Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung , 2017
Subjects:
Online Access: http://ejournal.radenintan.ac.id/index.php/terampil/article/view/1288
http://ejournal.radenintan.ac.id/index.php/terampil/article/view/1288/1014
Daftar Isi:
  • Pemahaman matematis merupakan aspek yang sangat penting dalam prinsip pembelajaran matematika. Siswa dalam belajar matematika harus disertai dengan pemahaman, hal ini merupakan visi dari belajar matematika. Dilihat dari sisi pembelajaran, fakta menunjukkan bahwa pembelajaran matematika dengan hanya menekankan pada aspek pemahaman instrumental memang relatif lebih mudah, keadaan ini bisa berakibat para guru lebih senang dengan cara ini. Strategi pembelajaran reciprocal teaching merupakan salah satu pendekatan pembelajaran yang dapat membantu siswa dalam penguasaan konsep matematika terutama dalam pemahaman, koneksi dan komunikasi matematis. Di samping itu juga siswa dituntut aktif dalam pembelajaran sehingga tercipta pola pikir konstruktif siswa dalam pemahaman dan menghubungkan suatu konsep matematika. Hal ini akan berakibat pada penguatan materi pembelajaran dan siswa lebih terkenang dalam pembelajaran