MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN, KONEKSI DAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA SEKOLAH DASAR (SD) MELALUI RECIPROCAL TEACHING
Main Author: | NEGARA, HASAN SASTRA |
---|---|
Format: | Article info application/pdf eJournal |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung
, 2017
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://ejournal.radenintan.ac.id/index.php/terampil/article/view/1288 http://ejournal.radenintan.ac.id/index.php/terampil/article/view/1288/1014 |
Daftar Isi:
- Pemahaman matematis merupakan aspek yang sangat penting dalam prinsip pembelajaran matematika. Siswa dalam belajar matematika harus disertai dengan pemahaman, hal ini merupakan visi dari belajar matematika. Dilihat dari sisi pembelajaran, fakta menunjukkan bahwa pembelajaran matematika dengan hanya menekankan pada aspek pemahaman instrumental memang relatif lebih mudah, keadaan ini bisa berakibat para guru lebih senang dengan cara ini. Strategi pembelajaran reciprocal teaching merupakan salah satu pendekatan pembelajaran yang dapat membantu siswa dalam penguasaan konsep matematika terutama dalam pemahaman, koneksi dan komunikasi matematis. Di samping itu juga siswa dituntut aktif dalam pembelajaran sehingga tercipta pola pikir konstruktif siswa dalam pemahaman dan menghubungkan suatu konsep matematika. Hal ini akan berakibat pada penguatan materi pembelajaran dan siswa lebih terkenang dalam pembelajaran