PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF MENGGUNAKAN LECTORA INSPIRE
Main Authors: | Sihombing, Apri W, Sutopo, Adi |
---|---|
Format: | Article info application/pdf eJournal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Pascasarjana Universitas Negeri Medan
, 2022
|
Online Access: |
https://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/teknologi/article/view/35610 https://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/teknologi/article/view/35610/18425 |
Daftar Isi:
- Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan multimedia pembelajaran. Multimedia pembelajaran termasuk hal yang sangat penting dalam proses pembelajaran, multimedia pembelajaran yang baik sangat efektif digunakan dalam proses belajar mengajar. Peneliti mencoba mengembangkan multimedia pembelajaran interaktif yang dapat digunakan dalam bentuk CD interaktif, menggunakan beberapa software yang terdiri dari Lectora Inspire, Adobe Photoshop CS5, Bandycam, dan EKTS. Bertujuan untuk memudahkan peserta didik dalam memahami pelajaran dan juga memudahkan pendidik dalam menyampaikan pelajaran. Multimedia pembelajaran pada penelitian ini menggunakan model desain Borg and Gall yang diadaptasi oleh Sugiyono.Sasaran penelitian ini adalah Dosen Ahli Universitas Negeri Medan. Pengujian terhadap multimedia interaktif oleh validator media dan validator materi menunjukkan bahwa multimedia pembelajaran yang dihasilkan baik pada validasi materi dengan skor rata-rata 4,6 dan untuk validasi media dengan skor rata-rata 4,3. Maka diperoleh kesimpulan media yang dikembangkan layak untuk digunakan. Kata Kunci: Pengembangan Media Interaktif, Software Lectora, Instalasi Penerangan Listrik Abstract: This research aims to develop multimedia learning. Multimedia learning is very important in the learning process, good multimedia learning is very effective in the teaching and learning process. Researchers try to develop interactive learning multimedia that can be used in the form of interactive CDs, using several software consisting of Lectora Inspire, Adobe Photoshop CS5, Bandycam, and EKTS. Aims to make it easier for students to understand the lesson and also make it easier for educators to deliver lessons. Multimedia learning in this study uses the Borg and Gall design model which was adapted by Sugiyono. The target of this research is an Expert Lecturer at the State University of Medan. Testing of interactive multimedia by media validators and material validators shows that the learning multimedia produced is good for material validation with an average score of 4.6 and for media validation with an average score of 4.3. Then it can be concluded that the developed media is feasible to use. Keywords: Interactive Media Development, Lectora Software, Electrical Lighting Installation