DESIGN OF ANDROID BASED E-LEARNING SYSTEM USING FIREBASE AT UNIVERSITAS ADVENT INDONESIA
Main Authors: | Christon, Hugo Mulana, Wagiu, Elmor Benedict, Palopak, Yulianus |
---|---|
Format: | Article info application/pdf eJournal |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
Fakultas Teknologi Informasi - Universitas Advent Indonesia
, 2018
|
Online Access: |
https://jurnal.unai.edu/index.php/teika/article/view/755 https://jurnal.unai.edu/index.php/teika/article/view/755/580 |
Daftar Isi:
- Perkembangan teknologi semakin pesat, terutama pada perkembangan smartphone dan juga media pembelajaran. Dengan adanya teknologi ini, berbagai kegiatan dapat dilakukan dengan cepat dan mudah seperti halnya pada kegiatan proses belajar dan mengajar. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisa serta merancang sebuah sistem E-Learning yang dapat memfasilitasi para mahasiswa dan dosen di Universitas Advent Indonesia (UNAI) untuk dapat melakukan proses belajardan mengajar dengan mudah. Model waterfall merupakan metode SDLC yang digunakan dalam merancang dan membangun sistem ini. Hasil dari penelitian ini adalah sebuah rancangan aplikasi elearning berbasis Android yang dapat digunakan untuk melakukan tugas seperti login/logout, pergantian password, membuat/menghapus/mengubah kelas dan tugas, chatting, melihat profil pengguna, mengirim pengumuman, dan membuat akun baru. Kedepannya diharapkan aplikasi ini dapat di hubungkan dengan server Universitas Advent Indonesia, dapat memberikan notifikasi tugas sebelum habis masa berlaku tugas tersebut, dan penyempurnaan user interface agar tampilan dapat lebih menarik.
- The development of technology is rapidly inreased, especially in the development of smartphones and also learning media. By technology support, various activities can be carried out quickly and easily as well as the activities of the learning and teaching process. The purpose of this study is to analyze and design an E-Learning system that can facilitate students and lecturers at Universitas Advent Indonesia (UNAI) to be able to carry out the learning and teaching process easily. The waterfall model is the SDLC method used in designing and building this system. The results of this study is an Android based e-learning application that can be used to perform tasks such as login/logout, password change, create/delete/change classes and assignments, chat, view user profiles, send announcements, and create new accounts. In the future, it is expected that this application can be linked to the servers of Universitas Advent Indonesia, can provide task notifications before the expiration of the assignment, and improve the user interface so that the display can be more attractive.