Analisis Technology Acceptance Model (TAM) pada Sistem E-Learning Universitas Advent Indonesia

Main Authors: Siahaan, Tabita Indri, Wagiu, Elmor Benedict
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: ind
Terbitan: Fakultas Teknologi Informasi - Universitas Advent Indonesia , 2017
Online Access: https://jurnal.unai.edu/index.php/teika/article/view/754
https://jurnal.unai.edu/index.php/teika/article/view/754/579
Daftar Isi:
  • The e-learning system is one of the supporting elements in the teaching and learning process, where the process is carried out through internet media. The e-learning system used at the Universitas Advent Indonesia is Moodle. With this Moodle students can upload assignments and download lecture material provided by the lecturer. Whereas for lecturers can upload lecture material and download assignments that have been collected by the students. The purpose of this study are (1) To find out whether the entire menu in the Moodle has been used optimally or not, (2) to find out how the perception of benefits and ease of acceptance of users of the Moodle of the Adventist University of Indonesia. While the results of this study are (1) The acceptance of the Moodle at the Faculty of Information Technology Universitas Advent Indonesia was declared good, (2) the overall use of the menu in Moodle is not optimal yet, and (3) the perception of benefits and easiness influences user acceptance of Moodle.
  • E-learning system merupakan salah satu elemen pendukung dalam kegiatan proses belajar mengajar, dimana proses tersebut dilakukan melalui media internet. Para pelajar maupun pengajar berinteraksi tanpa bertatap muka secara langsung. E-learning system yang digunakan pada Universitas Advent Indonesia adalah Moodle. Dengan adanya Moodle ini para mahasiswa dapat mengumpulkan tugas dan mengunduh materi perkuliahan yang diberikan oleh dosen. Sedangkan bagi dosen dapat mengunggah materi perkuliahan dan mengunduh tugas yang sudah dikumpulkan oleh para mahasiswa. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui apakah seluruh menu dalam Moodle telah digunakan secara optimal atau tidak, dan (2) untuk mengetahui bagaimana pengaruh persepsi manfaat dan kemudahan dalam penerimaan pengguna terhadap Moodle Universitas Advent Indonesia. Sedangkan hasil dari penelitian ini adalah (1) Penerimaan Moodle pada Fakultas Teknologi Informasi Universitas Advent Indonesia dinyatakan baik, (2) penggunaan keseluruhan menu dalam Moodle belum optimal, dan (3) persepsi manfaat dan kemudahan mempengaruhi penerimaan pengguna terhadap Moodle.