PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAMS GAMES TOURNAMENTS (TGT) UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN KIMIA KELAS XI SMA NEGERI 10 PALEMBANG
Main Authors: | Anggraeni, Nina, Rachman, Fuad Abd, L., M. Hadeli |
---|---|
Format: | Article application/pdf eJournal |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
Universitas Sriwijaya
, 2017
|
Online Access: |
http://ejournal.unsri.ac.id/index.php/jurpenkim/article/view/5338 |
Daftar Isi:
- Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan keaktifan dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran kimia dengan menerapkan model pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournaments di kelas XI IPA 5 SMAN 10 Palembang. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas, dilakukan dalam tiga siklus, siklus I (dua pertemuan), siklus II (dua pertemuan) dan siklus III (satu pertemuan). Teknik pengumpulan data menggunakan lembar observasi dan tes akhir siklus. Lembar observasi digunakan untuk mengetahui keaktifan siswa dan tes digunakan untuk mengetahui hasil belajar siswa. Rata-rata keaktifan siswa kelas pada siklus I 56,11%, siklus II 67,98 % dan siklus III 77,03%. Persentase nilai hasil belajar siswa sebelum dilakukan tindakan (T0) yaitu 20,9%, persentase ketuntasan hasil belajar siklus I (T1) adalah 47,62% , persentase ketuntasan belajar siklus II (T2) adalah 51,16%, dan persentase pada siklus III (T3) adalah 85,56%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan menerapkan model pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournaments dapat meningkatkan keaktifan dan hasil belajar kimia siswa. Selain itu juga saran yang dapat diberikan yaitu guru dapat menggunakan model pembelajaran TGT apabila mengalami kesulitan saat proses pembelajaran dan guru lebih mengontrol kelas dengan baik walaupun hanya sebagai fasilitator