Analisa Pengaruh Variasi Bulbous Bow Terhadap Hambatan Total Pada Kapal Katamaran Penyeberangan Kepulauan Seribu Dengan Parameter Non-Linear Menggunakan CFD

Main Authors: Prasetio, Fajar Aldi; Departemen Teknik Perkapalan, Fakultas Teknik, Universitas Diponegoro, Chrismianto, Deddy; Departemen Teknik Perkapalan, Fakultas Teknik, Universitas Diponegoro, Iqbal, Muhammad; Departemen Teknik Perkapalan, Fakultas Teknik, Universitas Diponegoro
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Diponegoro University , 2017
Subjects:
Online Access: http://ejournal-s1.undip.ac.id/index.php/naval/article/view/16282
http://ejournal-s1.undip.ac.id/index.php/naval/article/view/16282/15708
Daftar Isi:
  • Hambatan merupakan salah satu faktor utama yang mempengaruhi dalam perancangan sebuah kapal. Kapal katamaran merupakan kapal dengan permukaan basah yang kecil segingga mengurangi drag dan meningkatkan stabilitas kapal. Bentuk haluan yang baik akan memberikan efisiensi hambatan yang dihasilkan sehingga operasional kapal dan pergerakan kapal lebih baik dan efisien pula. Perhitungan nilai hambatan kapal saat beroperasi juga penting karena berpengaruh terhadap aliran fluida dan besarnya kecepatan kapal yang diinginkan dan akhirnya berpengaruh pada nilai ekonomis suatu kapal pada saat beroperasi. Pada penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan bentuk haluan bulbous bow yang menghasilkan hambatan paling kecil dengan menggunakan program computational fluid dynamic (CFD). Dalam melaksanakan penelitian ini penulis menggunakan program komputer berbasis computational fluid dynamic (CFD) untuk penyelesaian masalah dari tujuan penelitian, Computational fluid dynamic (CFD) merupakan ilmu sains dalam penentuan penyelesaian numerik dinamika fluida. Penelitian dilakukan dengan cara menganalisa dan menghitung hambatan total kapal katamaran menggunakan model 3D serta dilakukan analisa ketinggian gelombang. Berdasarkan hasil analisa menggunakan software Tdyn 13.7.6.0 didapatkan nilai hambatan untuk berbagai variasi bentuk bulbous bow. Nilai hambatan total dapat diperkecil hingga 15%, nilai ini terjadi pada kecepatan 16 knot pada variasi bulbous bow ABT = 0,211 m2 dan ABL = 0,240 m2.