ANALISA PERBANDINGAN PROPELLER KAPAL SELAM TIPE B-SERIES DAN AU- OUTLINE GAWN SERIES PADA KAPAL SELAM MIDGET TYPE 150M UNTUK MENGOPTIMALKAN KINERJA KAPAL SELAM DENGAN METODE CFD

Main Authors: Abar, Insanu Abdilla Cendikia; Program Studi S1 Teknik Perkapalan Fakultas Teknik Universitas Diponegoro, Chrismianto, Deddy; Program Studi S1 Teknik Perkapalan Fakultas Teknik Universitas Diponegoro, Manik, Parlindungan; Program Studi S1 Teknik Perkapalan Fakultas Teknik Universitas Diponegoro
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Diponegoro University , 2015
Subjects:
CFD
Online Access: http://ejournal-s1.undip.ac.id/index.php/naval/article/view/10181
http://ejournal-s1.undip.ac.id/index.php/naval/article/view/10181/9886
Daftar Isi:
  • Baling – baling pada kapal selam membutuhkan beberapa kriteria khusus yaitu baling – baling yang dapat memberikan gaya dorongan besar dengan kebisingan yang rendah. Maka desain baling – baling harus memiliki nilai thrust besar, nilai tekanan rendah, dan aliran baling-baling yang halus. Penelitian ini membandingkan 4 jenis baling - baling yaitu B-7 series, B - 8 series, Au – 7 Outline Gawn Series dan Au – 8 Outline Gawn series dengan membedakan beberapa aspek yaitu diameter, jumlah daun, sudut skew, dan pitch. Sehingga didapatkan jenis baling – baling yang optimum untuk kapal selam midget type 150m dengan bantuan program Computational Fluid Dynamics (CFD). Dalam proses analisa menggunakan software berbasis CFD, kami mendapatkan hasil dari semua model baling – baling yaitu bentuk aliran, nilai thrust dan nilai pressure yang berbeda sesuai dengan RPM yang diberikan. Dari keempat model yang telah dibandingkan didapat model baling – baling yang optimum yaitu B – 8 Series pada Rpm 500 dengan nilai thrust 25481 N, nilai torque 3927 N m, nilai rata-rata pressure 10608,92 Pa dan aliran turbulensi dengan nilai kecepatan aliran rata - rata dibawah 14,33 m/s.