EVALUASI KERUSAKAN JALAN PADA PERKERASAN RIGID DENGAN MENGGUNAKAN METODE BINA MARGA (STUDI KASUS RUAS JALAN SEI DURIAN RASAU JAYA km 21 + 700 S.D. km 24 + 700)
Main Author: | ., Supardi |
---|---|
Format: | Article info application/pdf eJournal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Fakultas Teknik Universitas Tanjungpura
, 2013
|
Online Access: |
http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jtsuntan/article/view/2077 http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jtsuntan/article/view/2077/2015 http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jtsuntan/article/downloadSuppFile/2077/262 |
Daftar Isi:
- Jalan Sei Durian?-?Rasau Jaya merupakan salah satu jalan provinsi yang mempunyaifungsi sebagai penghubung antara Kabupaten Kubu Raya dengan kabupaten-kabupatenlainnya. Jalan ini memegang peranan penting dalam memacu pertumbuhan ekonomi. Penelitianbertujuan untuk mengevaluasi jenis kerusakan, mengidentifikasi tingkat kerusakanjalan dan memberikan alternatif perbaikan kerusakan jalan. Tempat penelitianpada ruas jalan Sei Durian?-?RasauJaya dengan panjang jalan 3 km, jenis perkerasan kaku (rigid pavement),memiliki satu jalur lebar jalan 5 m. Metode penelitian Bina Marga. Jeniskerusakan yang terjadi terdiri dari 10 jenis, yaitu retak memanjang (200,8 m2),retak melintang (65,76 m2), punch-out (92,75 m2), lubang(84 m2), retak berkelok-kelok (19,25 m2), retak diagonal(15,62 m2), penurunan (20 m2), retak bersilang pelat pecah(3 m2), retak sudut (1,45 m2), dan gompal (0,135 m2).Total kerusakan seluas 502,765 m2 atau 3,35% dari luas total 15000 m2.Kerusakan paling dominan adalah retak memanjang 39,94%, punch-out 18,45%,lubang 16,71% dari total luas kerusakan. Perbaikan kerusakan dengan memperbaikispot-spot kerusakan pada stasiun tertentu dan bersifat pemeliharaanjalan rutin atau dengan cara rehabilitasi (peningkatan mutu dan kualitasjalan).Kata-kata kunci: evaluasikerusakan, perkerasan rigid,metode binamarga