Analisa Perbedaan Kekerasan Dan Kekuatan Tarik Baja S45C Dengan Perlakuan Quenching dan Tempering Pada Media Udara, Air, Dan Oli Untuk Aplikasi Poros Motor Roda Tiga
Main Authors: | Rachman, Mohammad Rizal Ainur, Sakti, Arya Mahendra |
---|---|
Format: | Article info application/pdf eJournal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Universitas Negeri Surabaya
, 2020
|
Online Access: |
https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jtm-unesa/article/view/37272 https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jtm-unesa/article/view/37272/33079 |
Daftar Isi:
- Abstrak Baja S45C merupkan jenis baja “Medium Carbon Steel” (0.3-0.5% C). Dengan kandungan karbon mediumini memungkinkan baja ini untuk ditingkatkan lagi sifat mekaniknya. Baja karbon ini memiliki nilai kekuatan dankeuletan yang rendah, Untuk memperbaiki sifat-sifat mekanis tersebut dengan cara memberikan perlakuan panas,hal ini memegang peran penting dalam upaya meningkatkan kekerasan serta keuletan baja sesuai dengankebutuhannya. Baja karbon medium ini diklasifikasikan sebagai machinery steel baja yang biasa dipakai dalamkomponen/sparepart seperti: roda gigi, coupling, pulley, axles, piston, rails.Perlakuan panas pada baja S45C dibutukkan untuk meningkatkan sifat mekanis untuk aplikasi poros motorroda tiga. Baja S45C diberi perlakuan panas quenching dibutuhkan untuk meningkatkan sifat kekerasan dankeuletan material. Untuk membuktikanya, dilakukan pengujian kekerasan rockwell dan pengujian kuat tariksetelah dilakukan perlakuan panas. Kata Kunci: Baja S45C, Poros, Proses Perlakuan panas, Temperatur Media pendingin, Uji Kekerasan danUji Tarik.