Pengembangan Antarmuka dan Pengalaman Pengguna Aplikasi Web Responsif myITS Admission dengan Metodologi User-Centered Design
Main Authors: | Liang, Amelia Puji Maitri; Departemen Teknik Informatika Institut Teknologi Sepuluh Nopember Surabaya, Fabroyir, Hadziq; Departemen Teknik Informatika Institut Teknologi Sepuluh Nopember Surabaya, Akbar, Rizky Januar; Departemen Teknik Informatika Institut Teknologi Sepuluh Nopember Surabaya |
---|---|
Format: | Article info application/pdf eJournal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Direktorat Riset dan Pengabdian Masyarakat (DRPM), ITS
, 2022
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://ejurnal.its.ac.id/index.php/teknik/article/view/94394 http://ejurnal.its.ac.id/index.php/teknik/article/view/94394/7233 http://ejurnal.its.ac.id/index.php/teknik/article/downloadSuppFile/94394/45410 http://ejurnal.its.ac.id/index.php/teknik/article/downloadSuppFile/94394/45411 http://ejurnal.its.ac.id/index.php/teknik/article/downloadSuppFile/94394/45412 |
Daftar Isi:
- Pendidikan termasuk bidang yang harus diutamakan untuk mempersiapkan sumber daya manusia yang berkualitas. Kegiatan seleksi masuk mahasiswa pada perguruan tinggi merupakan salah satu upaya membantu calon mahasiswa Indonesia dalam mendapatkan pendidikan guna mempersiapkan diri menjadi generasi penerus bangsa. Sebagai suatu sistem informasi pendidikan, aplikasi web Seleksi Masuk ITS (SMITS) digunakan untuk manajemen seleksi mandiri calon mahasiswa. Namun demikian, SMITS yang ada saat ini memiliki tahapan pendaftaran yang sulit karena masih menggunakan KAP (Kode Akses Pendaftaran) dan PIN (Personal ID Number) serta ketidakmampuannya untuk ‘beradaptasi’ pada ukuran layar perangkat berbeda. Terlebih adanya kerumitan penyampaian informasi yang dinilai kurang user friendly menyebabkan banyaknya informasi tidak tersampaikan dengan maksimal. Oleh karena itu, metodologi User-Centered Design akan diaplikasikan pada pengembangan desain aplikasi web SMITS yang nantinya akan diberi merek baru myITS Admission dengan menerapkan beberapa metodologi seperti Contextual Inquiry & Contextual Analysis, survei dan wawancara pengguna, serta Usability Testing dan Heuristic Evaluation. Adapun harapan yang ingin dicapai dengan penggunaan metodologi ini adalah untuk menggali kebutuhan pengguna dan melibatkan mereka dalam proses desain melalui berbagai penelitian sehingga antarmuka aplikasi web yang dihasilkan merepresentasikan kebutuhan pengguna dan memenuhi unsur usability.