Analisis Material Ringan pada Bus Body Frame Battery Electric Vehicle Bus PUI SKO ITS dengan Metode Elemen Hingga
Main Authors: | Alifio, Khadif Gicha; Departemen Teknik Mesin Institut Teknologi Sepuluh Nopember Surabaya, Ariatedja, Julendra Bambang; Departemen Teknik Mesin Institut Teknologi Sepuluh Nopember Surabaya, Sudarmanta, Bambang; Departemen Teknik Mesin Institut Teknologi Sepuluh Nopember Surabaya |
---|---|
Format: | Article info application/pdf eJournal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Direktorat Riset dan Pengabdian Masyarakat (DRPM), ITS
, 2021
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://ejurnal.its.ac.id/index.php/teknik/article/view/74306 http://ejurnal.its.ac.id/index.php/teknik/article/view/74306/6883 http://ejurnal.its.ac.id/index.php/teknik/article/downloadSuppFile/74306/35945 http://ejurnal.its.ac.id/index.php/teknik/article/downloadSuppFile/74306/35946 http://ejurnal.its.ac.id/index.php/teknik/article/downloadSuppFile/74306/35947 http://ejurnal.its.ac.id/index.php/teknik/article/downloadSuppFile/74306/35949 |
Daftar Isi:
- Penggunaan material ringan alternatif untuk bus body frame pada battery electric vehicle bus dapat meningkatkan efisiensi kendaraan. Hal ini dikarenakan berat kendaraan akan berkurang yang akan membuat gaya hambat kendaraan ketika berjalan semakin kecil. Perubahan material pada bus body frame berpengaruh pada kekuatan dan safety kendaraan. Dengan begitu perlu dilakukan analisis lebih lanjut untuk mengetahui kekuatan dan keamanan kendaraan. Dengan menggunakan uji simulasi rollover untuk safety dan uji beban statis serta beban kendaraan ketika bergerak dinamis, maka akan didapatkan hasil penelitian berupa kelayakan penggantian material. Serta dilakukan pula perhitungan economic fuel savings akibat pergantian material. Dengan dipilih 3 material alternatif dan material carbon steel sebagai base material. Pemilihan material mengikuti Ashby chart. Dengan mengganti material menjadi material ringan, dilakukan simulasi dengan beban statis, beban berbelok kearah kiri, kanan, dan saat melakukan pengereman. Didapatkan hasil simulasi bahwa penggantian material membuat tegangan maksimum yang terjadi meningkat dan menurun pada kasus tertentu. Dengan nilai maksimum sebesar 231.15 MPa dan defleksi terbesar sebesar 23.326 mm. Dilakukan pula uji rollover dengan standard yang di acu adalah UNECE R-66. Didapatkan hasil simulasi berupa defleksi yang mana material alternatif aluminum dan titanium memenuhi standard sementara untuk material magnesium melebihi safety area pada standard UNECE R-66.