Desain dan Evaluasi Antarmuka Mobile App MyITS Alumni pada Platform Android dan Ios Melalui Pendekatan User-Centered Design
Main Authors: | Amini, Tria Nur Aisyah; Departemen Teknik Informatika Institut Teknologi Sepuluh Nopember Surabaya, Fabroyir, Hadziq; Departemen Teknik Informatika Institut Teknologi Sepuluh Nopember Surabaya, Akbar, Rizky Januar; Departemen Teknik Informatika Institut Teknologi Sepuluh Nopember Surabaya |
---|---|
Format: | Article info application/pdf eJournal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Direktorat Riset dan Pengabdian Masyarakat (DRPM), ITS
, 2021
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://ejurnal.its.ac.id/index.php/teknik/article/view/63024 http://ejurnal.its.ac.id/index.php/teknik/article/view/63024/6745 http://ejurnal.its.ac.id/index.php/teknik/article/downloadSuppFile/63024/30004 http://ejurnal.its.ac.id/index.php/teknik/article/downloadSuppFile/63024/30005 http://ejurnal.its.ac.id/index.php/teknik/article/downloadSuppFile/63024/30006 |
Daftar Isi:
- MyITS Alumni dikembangkan sebagai media untuk mahasiswa, alumni dan perguruan tinggi agar tetap terhubung. Sistem informasi alumni saat ini sangat minim fitur dan tidak terlalu digunakan secara maksimal oleh mahasiswa dan alumni. Dari banyaknya kebutuhan yang diperlukan untuk membuat myITS Alumni ini diperlukan desain antarmuka yang dapatmenampung seluruh informasi dan juga tidak menyulitkan pengguna dalam menggunakan aplikasi ini nantinya. Pada penilitian ini, metode yang digunakan yaitu User Centered Design (UCD). Pengguna yang dilibatkan pada penelitian sejumlah sembilan orang alumni ITS. Penelitian dilakukan dengan metode wawancara dan hasil wawancara diobservasi menggunakan metode affinity mapping. Berdasarkan hasil pengolahan wawancara dan affinity mapping, didapatkan 48 kebutuhan pengguna. Kemudian dilakukan perancangan sketsa antarmuka aplikasi dan komponen antarmuka menggunakan sistem desain Material Design. Perancangan antarmuka pada bentuk high fidelity menggunakan perangkat lunak Figma. Setelah itu dilakukan evaluasi terhadap prototipe antarmuka. Evaluasi pertama dilakukan dengan tujuan untuk mencari permasalahan pada protitpe antarmuka dengan menganalisis area heatmap pada prototipe antarmuka. Evaluasi kedua dilakukan menggunakan metode A/B yang bertujuan untuk menentukan desain akhir yang selanjutnya akan dilakukan implementasi dalam bentuk aplikasi android dan iOS.