Park and Ride South Quarter Sebagai Fasilitas Alih Moda di Kota Jakarta
Main Authors: | Shafira, Rizka Amalia; Departemen Perencanaan Wilayah dan Kota Institut Teknologi Sepuluh Nopember Surabaya, Nurlaela, Siti; Departemen Perencanaan Wilayah dan Kota Institut Teknologi Sepuluh Nopember Surabaya |
---|---|
Format: | Article info application/pdf eJournal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Direktorat Riset dan Pengabdian Masyarakat (DRPM), ITS
, 2021
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://ejurnal.its.ac.id/index.php/teknik/article/view/53545 http://ejurnal.its.ac.id/index.php/teknik/article/view/53545/6346 http://ejurnal.its.ac.id/index.php/teknik/article/downloadSuppFile/53545/22591 http://ejurnal.its.ac.id/index.php/teknik/article/downloadSuppFile/53545/22592 http://ejurnal.its.ac.id/index.php/teknik/article/downloadSuppFile/53545/22593 |
Daftar Isi:
- Park and ride merupakan fasilitas alih moda yang menyediakan tempat parkir beserta akses menuju stasiun. Dengan fasilitas park and ride, masyarakat dapat meneruskan perjalanan menggunakan angkutan umum setelah memarkir kendaraan pribadinya, sehingga beban pergerakan ke pusat kota dapat diminimalisir. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji apakah keberadaan fasilitas park and ride dapat mendukung peningkatan penggunaan salah satu angkutan umum di Kota Jakarta yaitu MRT. Park and Ride South Quarter dan perannya terhadap MRT Fatmawati dikaji sebagai studi kasus. Untuk memahami karakteristik pengguna park and ride dan non pengguna park and ride, dilakukan Uji T dan Uji ANOVA. Sedangkan untuk memodelkan peluang peralihan dari non pengguna park and ride ke pengguna park and ride, digunakan metode discrete choice melalui pendekatan stated preference Hasil penelitian menunjukkan bahwa berdasarkan Uji T dan Uji ANOVA, terdapat perbedaan karakteristik pada variabel usia, waktu tempuh, jarak perjalanan, dan biaya perjalanan. Selain itu, hasil discrete choice menunjukkan bahwa faktor yang mempengaruhi peluang peralihan non pengguna park and ride menjadi pengguna park and ride dalam mendukung penggunaan MRT bagi kendaraan pribadi jenis moda motor adalah waktu berangkat, akses dari park and ride ke Stasiun MRT Fatmawati, akses dari stasiun MRT tujuan ke tujuan perjalanan, keamanan parkir, serta tarif parkir, dengan potensi peluang market share eksisting yaitu 15,80% dan estimasi peluang terbesar mencapai 28,95%. Sedangkan pada jenis moda mobil, faktor yang mempengaruhi adalah usia, maksud perjalanan, akses dari park and ride ke Stasiun MRT Fatmawati, akses dari stasiun MRT tujuan ke tujuan perjalanan, serta keamanan parkir, dengan potensi peluang market share eksisting yaitu 13,95% dan estimasi peluang terbesar mencapai 30,09%.