Daftar Isi:
  • Kawasan transit Blok M dan Lebak Bulus merupakan kawasan yang terletak di pusat kegiatan kota Jakarta Selatan yang direncanakan akan dikembangkan menggunakan konsep Transit Oriented Development (TOD) dengan skala pelayanan regional. Pengembangan kawasan TOD ini memiliki tujuan untuk mengurangi penggunaan kendaraan pribadi dan meningkatkan penggunaan moda transit. Penerapan konsep TOD juga memberikan kesempatan kepada masyarakat untuk melakukan aktifitas sehari-hari yaitu tinggal, bekerja, berbelanja, rekreasi, maupun aktifitas lainnya didalam jarak yang berdekatan dengan menggunakan selain kendaraan pribadi. Aktifitas yang ada di kawasan TOD ini menimbulkan pola pergerakan transit yang memiliki 2 karakteristik, yaitu karakteristik pergerakan dan karakteristik sosio-ekonomi. Penelitian ini memiliki tujuan untuk menganalisis perbedaan pola pergerakan berbasis transit di kawasan TOD Regional Blok M dan Lebak Bulus dengan analisis uji perbedaan dua sampel independen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan pola pergerakan yang signifikan antara kawasan transit Blok M dan lebak Bulus, yaitu dari segi frekuensi penggunaan moda transit, jarak menuju lokasi transit, serta pendapatan penguna moda transit.