Analisis Karakteristik Traksi Serta Redesign Rasio Transmisi Jetbus 2 High Deck Adiputro
Main Authors: | Djufri, Muhammad Alawy; Departemen Teknik Mesin Institut Teknologi Sepuluh Nopember, Sutantra, I Nyoman; Departemen Teknik Mesin Institut Teknologi Sepuluh Nopember |
---|---|
Format: | Article info application/pdf eJournal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LPPM), ITS
, 2018
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://ejurnal.its.ac.id/index.php/teknik/article/view/37039 http://ejurnal.its.ac.id/index.php/teknik/article/view/37039/5326 http://ejurnal.its.ac.id/index.php/teknik/article/downloadSuppFile/37039/9700 |
Daftar Isi:
- Penjualan kendaraan bermotor Indonesia tahun 2017 mengalami peningkatan 5,96 persen dari tahun sebelumnya. (Gaikindo). Tingginya penjualan kendaraan tersebut tidak diiringi dengan upaya produsen untuk mencerdaskan konsumen mengenai performa kendaraan. Hal tersebut yang mendasari penulis untuk melakukan analisa karakteristik traksi pada Jetbus 2 High Deck Adiputro. Dalam penelitian ini menganalisa menggunakan dua Engine dengan volume ruang bakar yang sama (cc). Telah dilakukan tiga tahapan pengujian. Tahapan pertama adalah dilakukan analisa perhitungan kecepatan dan percepatan bus. Tahap kedua dilakukan analisa perhitungan sudut tanjak maksimum yang mapu dilalui oleh bus. Selanjutnya Tahap ketiga telah dilakukan redesign rasio transmisi bus adiputro menggunakan progressi geometri. Dari penelitian ini di dapatkan data berupa kecepatan, percepatan, dan sudut tanjakan pada kondisi standar dari 2 engine yang di analisa serta hasil redesign rasio transmisi bus adiputro dari 2 engine J08 E VD dan J08E UN . Setelah dilakukan analisa kedua engine tersebut gradeability maksimum yang mampu di tempuh tidak sesuai dengan klaim pabrikan sebesar 32.3%. Sedangkan analisa kecepatan maksimum yang mampu di capai kendaraan adalah 116 Km/jam untuk engine J08E VD dan 117 Km/jam untuk engine J08E UN dengan klaim dari pabrikan 100 Km/jam. Setelah dilakukan redesign gradeability maksimum yang mampu di capai meningkat 38% untuk engine J08E VD dan 39% untuk engine J08E UN.