Daftar Isi:
  • Kawasan Tunjungan dan Kawasan Blauran adalah kawasan – kawasan yang merupakan titik pusat kegiatan di Kota Surabaya dan juga memiliki parkir tepi jalan. Kedua kawasan ini mempunyai keadaan lalu lintas yang padat dengan derajat kejenuhan jalan – jalan di kawasan tersebut dalalm kategori tidak stabil serta merupakan kawasan yang termasuk dalam peraturan parkir zona dengan tarif lebih tinggi. Maka, implementasi kebijakan parkir yang telah ditetapkan tersebut diharapkan dapat mengurangi penggunaan kendaraan pribadi ke pusat kota. Dalam praktiknya di berbagai kota, kebijakan parkir akan memberikan pengaruh terhadap perilaku parkir. Oleh karena itu penelitian ini bertujuan untuk menyusun model dan mengetahui bagaimana faktor – faktor yang memengaruhi pemilihan on-street parking. Metode yang digunakan dalam mengembangkan model adalah analisa regresi logistik biner. Hasil dari studi menunjukkan bahwa variabel yang memengaruhi pemilihan on-street parking pada pengguna parkir kendaraan bermotor roda dua adalah pendapatan, durasi parkir, dan biaya parkir. Kemudian, pada pengguna parkir kendaraan bermotor roda empat, variabel – variabel yang memengaruhi pemilihan on-street parking adalah usia, maksud perjalanan, durasi parkir, dan jarak berjalan kaki.