Analisa Hambatan dan Pitching Moment Equilibrium Pada Kapal Planing Jenis Monohull With Tranverse Step Pada Perairan Calm Water

Main Authors: Hakim, Pradipta Rahman; Departemen Teknik Perkapalan Fakultas Teknologi Kelautan Institut Teknologi Sepuluh Nopember, Utama, I Ketut Aria Pria; Departemen Teknik Perkapalan Fakultas Teknologi Kelautan Institut Teknologi Sepuluh Nopember
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LPPM), ITS , 2018
Subjects:
CFD
Online Access: http://ejurnal.its.ac.id/index.php/teknik/article/view/29738
http://ejurnal.its.ac.id/index.php/teknik/article/view/29738/4952
Daftar Isi:
  • Penggunaan transverse step pada bagian bawah lambung kapal memiliki beberapa keuntungan apabila digunakan pada kecepatan optimumnya, diantaranya mengurangi momen pitching yang dialami kapal dan megurangi hambatan dalam hal ini adalah friction resistance. Transverse step diaplikasikan pada kapal planing dengan kecepatan tinggi. Untuk membuktikan hal tersebut, dalam studi ini dilakukan penelitian dalam bentuk simulasi Computational Fluid Dynamic (CFD) dengan cara membandingkan dua lambung kapal planing jenis lambung tunggal tanpa dan dengan transverse step pada kondisi air tenang dengan menggunakan froude number 1,5 hingga 2,5. Hasil dari simulasi sudut trim pada kedua jenis kapal menunjukan perbedaan yang signifikan pada tiap variasi kecepatan. Kapal dengan transverse step memiliki sudut trim yang lebih besar dibandingkan dengan kapal tanpa transverse step namun memiliki perbedaan sudut trim yang lebih kecil pada variasi froude number 1,5 hingga 2,5 sebesar 50,62% yaitu senilai 1,51 derajat. Hambatan kapal pada kedua jenis kapal memiliki perbedaan pada simulasi yang dilakukan. Hasil yang didapatkan yaitu kapal dengan transverse step memiliki nilai hambatan yang lebih kecil pada froude number 1,75 hingga 2,5 yaitu sebesar 14,16% yaitu senilai 3001,16N namun memiliki hambatan yang lebih besar pada froude number 2,5.