Perancangan Sistem Stabilisasi Rudder Roll pada Kapal Perang Kelas SIGMA dengan Kontrol Logika Fuzzy

Main Authors: Hardiyanty, Alfany; Jurusan Teknik Fisika ITS, Masroeri, Agoes A; Jurusan Teknik Sistem Perkapalan ITS, Aisjah, Aulia Siti; Jurusan Teknik Fisika ITS
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LPPM), ITS , 2013
Subjects:
Online Access: http://ejurnal.its.ac.id/index.php/teknik/article/view/2599
http://ejurnal.its.ac.id/index.php/teknik/article/view/2599/819
http://ejurnal.its.ac.id/index.php/teknik/article/downloadSuppFile/2599/533
Daftar Isi:
  • Kapal perang membutuhkan maneuverability yang baik saat beroperasi di laut. Maneuverability dipengaruhi oleh sistem kemudi kapal. Kemudi menggunakan rudder berpengaruh terhadap stabilitas rolling kapal. Stabilitas rolling adalah kemampuan kapal kembali ke keadaan normal dalam merespon gangguan. Gerakan roll yang besar dapat menurunkan performansi kapal dan efektivitas awak kapal. Rudder roll merupakan konsep rudder berfungsi mengendalikan heading hingga gerakan roll berkurang. Tujuan dari penelitian ini adalah merancang sistem stabilisasi rudder roll pada kapal perang kelas SIGMA dengan kontrol logika fuzzy. Perancangan sistem dilakukan berdasarkan spesifikasi kapal PKR KRI Diponegoro Kelas SIGMA. Perancangan dilakukan secara simulasi menggunakan Simulink Matlab dan kontrol logika fuzzy Sugeno-Takagi. Gangguan yang digunakan adalah gangguan linier gelombang laut state satu sampai tujuh. Semakin tinggi tingkatan gangguan, maka semakin lama waktu stabilitas rolling mencapai steady state. Performansi kestabilan sistem stabilisasi rudder roll telah sesuai dengan parameter kestabilan yang ada. Performansi maneuver sistem stabilisasi rudder roll memiliki jarak advanced diameter dan tactical diameter yang sama yaitu sebesar 2.48 Lpp dan telah sesuai dengan standar IMO (International Maritime Organization).