Pengembangan Game 3D First Person Shooter Peristiwa Kemerdekaan 14 Februari 1946 Di Sulawesi Utara

Main Authors: Robot, Imanuel Julio, Tulenan, Virginia Tulenan2, Paturusi, Sary D. E.
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Universitas Sam Ratulangi , 2020
Online Access: http://ejournal.unsrat.ac.id/index.php/informatika/article/view/29076
http://ejournal.unsrat.ac.id/index.php/informatika/article/view/29076/28721
http://ejournal.unsrat.ac.id/index.php/informatika/article/downloadSuppFile/29076/454
Daftar Isi:
  • Sejarah merupakan bagian dari kehidupan manusia yang terjadi secara kronologis dan benar-benar terjadi pada masa lampau dengan didukung bukti-bukti yang nyata. Namun, di zaman sekarang sejarah sudah mulai dilupakan terutama bagi kaum generasi muda. Salah satunya sejarah yang dilupakan yaitu peristiwa kemerdekaan 14 februari Sulawesi utara. Pada dasarnya media permainan atau game diciptakan sebagai sarana hiburan, tetapi akan lebih baik jika game diciptakan sebagai sarana belajar agar supaya bisa lebih kreatif dalam berfikir. Tujuan penelitian ini adalah untuk menghasilkan game pengenalan peristiwa kemerdekaan 14 februari 1946 di Sulawesi utara. Game ini bertipe FPS dengan genre Action 3D. Metode yang digunakan adalah MDLC (Multimedia Development Life Cycle ) yang terbagi dalam 6 tahap, yaitu: Concept, Design, Material Collecting, Assembly, Testing, dan Distribution. Pembuatan game ini menggunakan Software open source(terbuka), yaitu Unity 3D, Mixamo untuk pembuatan animasi, dan Wondershare fillmora untuk pembuatan video cutscene dalam game.