OPTIMASI QUALITY FUNCTION DEPLOYMENT (QFD) BERBASIS MODEL KANO UNTUK MEMAKSIMALKAN KEPUASAN KONSUMEN
Main Authors: | Tampubolon, Hendra Frengky; Universitas Sumatera Utara (USU), Matondang MSIE, Prof. Dr. Ir. A. Rahim; Universitas Sumatera Utara (USU), Ginting, MT, Ir. Rosnani; Universitas Sumatera Utara (USU) |
---|---|
Format: | Article info application/pdf eJournal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Departemen Teknik Industri Universitas Sumatera Utara
, 2013
|
Subjects: | |
Online Access: |
https://jurnal.usu.ac.id/index.php/jti/article/view/1395 https://jurnal.usu.ac.id/index.php/jti/article/view/1395/pdf |
Daftar Isi:
- Persaingan antara operator telekomunikasi seluler semakin ketat dalam menarik konsumen untuk menggunakan produknya akhir-akhir ini. Hal ini menyebabkan masing-masing operator selular berusaha mengeluarkan kartu prabayar yang dapat memberikan kepuasan konsumen yang tinggi agar konsumen tertarik untuk menggunakan kartu prabayar GSM tersebut. PT XL Axiata selalu berupaya untuk meningkatkan pangsa pasarnya. Oleh karena itu, operator XL Axiata selalu berusaha untuk meningkatkan kualitas pelayanannya yang salah satu caranya dapat dilakukan dengan memberikan kelengkapan karakteristik teknis yang optimal yang tetap memberikan kepuasan konsumen yang tinggi sehingga konsumen akan tertarik menggunakan kartu prabayar XL. Untuk tujuan ini, PT XL Axiata Tbk. dapat menggunakan suatu metode yaitu pengoptimalan Quality Function Deployment (QFD) berbasis Model Kano dengan merumuskan model mixed integer nonlinear programming (MINLP). Berdasarkan analisis Model Optimisasi QFD didapat Call Setup Success Rate sebesar 90% ,Call Drop Rate sebesar 1%, Paging Success Rate sebesar 91,7%, Handover Success Rate sebesar 98,5%, Mean Opinion Score sebesar 3,75, File Transfer Protocol (FTP) Throughtput sebesar 2,82 Mbps, Jumlah Kantor Pelayanan Pelanggan sebanyak 3 unit, CSSR Call Centre sebesar 10%, Masa Berlaku Aktif Pulsa Prabayar selama tak terbatas, dan Besarnya Kapasitas Memori Kartu SIM sebesar 64 Kb