CASE BASED REASONING (CBR) DIAGNOSIS GANGGUAN LAYANAN INDIHOME MENGGUNAKAN METODE SIMILARITY COSINE COEFFICIENT
Main Authors: | Pranasari, Leoni, Imansyah, Fitri, Pontia W, F. Trias |
---|---|
Format: | Article info application/pdf eJournal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Fakultas Teknik
, 2020
|
Online Access: |
http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jteuntan/article/view/41955 http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jteuntan/article/view/41955/75676586674 |
Daftar Isi:
- Gangguan layanan indihome biasanya terjadi karena alat, kondisi cuaca atau pada servernya. Apabila layanan indihome mengalami gangguan maka akan menghambat segala aktivitas pengguna layanan sehingga fungsi komunikasi atau kepuasan pelanggan dapat berkurang, maka diperlukanlah sistem yang dapat membantu menghasilkan pengetahuan dan pengalaman seperti teknisi. Sistem dengan implementasi case based reasoning metode cosine coefficient ini tentu akan mempermudah dalam membantu pelanggan dalam mendiagnosis awal terhadap gangguan layanan indihome serta solusinya. Proses penalaran berbasis kasus melalui 4 tahapan yaitu retrieve (penelusuran kasus) pada tahapan retrieve menggunakan metode cosine coefficient untuk mencari nilai kemiripan dengan nilai kemiripan sebesar 0,92 pada kasus, reuse (menggunakan solusi yang sama), revisi (merevisi solusi yang diusulkan), dan retain (penyimpanan kasus). Pengujian dilakukan dengan dua cara, yaitu pengujian tahapan case based reasoning dan kesesuaian hasil diagnosis pakar. Berdasarkan pengujian yang dilakukan dengan memberikan 10 kasus uji sistem dapat memberikan hasil kesesuaian 100%. Dengan rata-rata nilai sebesar 0,77. Maka dari itu dapat dikatakan bahwa sistem dapat bekerja dengan baik dan dapat mendiagnosis gangguan layanan indihome