FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEPUASAN KONSUMEN PADA PELAYANAN JASA SPA DENGAN HOT STONE DI HOUSE OF REYTHA SALON AND DAY SPA
Main Authors: | NOVITA MAYA C, MARIA, , MASPIYAH |
---|---|
Format: | eJournal |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
Program Studi Pendidikan Tata Rias
, 2014
|
Online Access: |
http://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-tata-rias/article/view/8870 |
Daftar Isi:
- Abstrak: House Of Reytha Salon and Day SPA merupakan salah satu usaha atau jasa perawatan tubuh yang menyediakan berbagai macam perawatan. Perawatan yang paling digemari oleh konsumen adalah hot stone, dengan jumlah konsumen ±3-5 konsumen setiap harinya. Pada hari Sabtu,Minggu dan hari libur lainnya, konsumen yang menikmati jasa hot stone massage yaitu ±5-10 konsumen. Tujuan penelitian ini untuk mengungkapkan faktor-faktor yang mempengaruhi kepuasan konsumen pada pelayanan jasa spa dengan hot stone di House of Reytha Salon and Day SPA.Jenis penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi kepuasan konsumen pada pelayanan SPA dengan hot stone di House Of Reytha Salon and Day SPA. Metode pengambilan data dilakukan dengan cara menyebarkan angket dan dokumentasi, dengan teknik acak. Jumlah konsumen sebanyak 30 yang menggunakan jasa SPA dengan hot stone pada tanggal 10-16 Juni 2014. Data disajikan secara analisa korelasi dan ditarik kesimpulan.Hasil penelitian ini menyatakan bahwa faktor-faktor yang mempengaruhi kepuasan konsumen meliputi kualitas produk, kualitas pelayanan, kualitas citra industri dan kualitas sumber daya. Hubungan variabel kualitas produk terhadap variabel kualitas pelayanan pada faktor-faktor yang mempengaruhi kepuasan konsumen di House Of Reytha erat, dengan nilai korelasi sebesar 0,43. Hubungan variabel kualitas pelayanan terhadap variabel kualitas citra industri pada faktor-faktor yang mempengaruhi kepuasan konsumen di House Of Reytha sangat erat, dengan nilai korelasi sebesar 0,59. Hubungan variabel kualitas citra industri terhadap variabel kualitas sumber daya pada faktor-faktor yang mempengaruhi kepuasan konsumen di House Of Reytha cukup erat, dengan nilai korelasi sebesar 0,40. Hubungan variabel kualitas sumber daya terhadap variabel kualitas produk pada faktor-faktor yang mempengaruhi kepuasan konsumen di House Of Reytha sangat erat, dengan nilai korelasi sebesar 0,53 Kata Kunci : kualitas produk, kualitas pelayanan, kualitas citra industri dan kualitas sumber daya Abstract: House Of Reytha Salon and Day Spa is a business or personal care services that provide a variety of treatments. Treatment is most favored by consumers is the hot stone, the number of consumers ± 3-5 consumers every day. On Saturdays, Sundays and other holidays, consumers who enjoy the services of a hot stone massage is ± 5-10 consumers. The purpose of this study is to reveal the factors that affect customer satisfaction in services spa with hot stone in the House of Reytha Salon and Day Spa. This research is descriptive quantitative aims to determine the factors that affect customer satisfaction in service SPA with hot stone in the House Of Reytha Salon and Day Spa. Quantitative data collection was done by distributing questionnaires and documentation, with random techniques. The number of consumers who use the services of as many as 30 SPA with hot stone on 10 to 16 June 2014 presented data correlation analysis and conclusions drawn. The results of this study stated that the factors that affect customer satisfaction including product quality, service quality, image quality and the quality of the resources industry. Relation to variable product quality variable quality of service on the factors that affect customer satisfaction in House Of Reytha closely, with a correlation value of 0.43. Relation to variable service quality variable image quality of the industry on the factors that affect customer satisfaction in House Of Reytha very closely, with a correlation value of 0.59. Industrial relations quality variable to variable image quality resources on the factors that affect customer satisfaction in House Of Reytha quite closely, with a correlation value of 0.40. Relationship quality variable resource to variable quality of products on the factors that affect customer satisfaction in House Of Reytha very closely, with a correlation value of 0.53 Key Words : product quality, service quality, image quality and industry quality resources