PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW PADA KOMPETENSI DASAR MENJELASKAN STRUKTUR, FUNGSI DAN KELAINAN RAMBUT UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA SMK NEGERI 8 SURABAYA
Main Authors: | SABANIA, RETMAWATI, FAIDAH, MUTIMMATUL |
---|---|
Format: | eJournal |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
Program Studi Pendidikan Tata Rias
, 2013
|
Online Access: |
http://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-tata-rias/article/view/6353 |
Daftar Isi:
- Abstrak: Kompetensi dasar menjelaskan struktur, fungsi dan kelainan pada rambut di SMK Negeri 8 Surabaya kurang maksimal mencapai tujuan pembelajaran, dilihat dari hasil belajar, respon siswa, dan pembelajaran masih berpusat pada guru, kurang melibatkan siswa secara aktif. Hal tersebut menjadi alasan peneliti menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw pada kompetensi dasar menjelaskan struktur, fungsi dan kelainan pada rambut. Adapun tujuan dari penelitian adalah untuk mengetahui : 1) aktifitas siswa, 2) kinerja guru, 3) hasil belajar siswa, 4) respon belajar siswa. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan model siklus. Subjek penelitian adalah siswa kelas X Kecantikan Kulit 1 di SMK Negeri 8 Surabaya sebanyak 27 siswa. Metode pengumpulan data menggunakan observasi, angket dan tes. Analisis data menggunakan deskriptif persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Aktifitas Siswa dinilai baik mengarah sangat baik, rata–rata keseluruhan penilaian mencapai 97,7% dengan kriteria penilaian sangat baik, 2) Rata–rata nilai kinerja guru dalam mengelola pembelajaran mencapai 3,88% dengan kriteria baik sekali, 3) Ketuntasan hasil belajar siswa menunjukkan hasil yang baik yaitu 96,2% dan siswa yang tuntas sebanyak 26 siswa dan yang tidak tuntas 1 orang siswa dan mecapai kriteria ketuntasan minimal (KKM), 4) Hasil respon siswa terhadap pembelajaran menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw yaitu dengan rata – rata 96,2% dengan predikat sangat baik. Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw di SMK Negeri 8 Surabaya merupakan hal yang baru pada proses belajar sehingga terjadi peningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran anatomi dan fisiologi kompetensi dasar menjelaskan struktur, fungsi dan kelainan pada rambut. Kata kunci : pembelajaran kooperatif, tipe Jigsaw, struktur, fungsi, kelainan rambut Abstract: Core competencies describe the structure, function and disorders of the hair at SMK Negeri Surabaya 8 less than the maximum reach learning objectives, in terms of learning outcomes, student responses and learning is less teacher-centered, less actively involve students. This is the reason researchers apply the Jigsaw cooperative learning model to explain the basic competence structure, function and disorders of the hair. The purpose of the study is to determine: 1) student activities, 2) adherence to the model of learning, 3), application of learning in students. 4) response to student learning. This research is Classroom Action Research (CAR) model with cycles. The subjects were students of class X skin care in SMK Negeri 1 Surabaya 8 by 27 students. Data collection methods used observation, questionnaires and tests. Analysis of the research data using percentages. The results showed that 1) Activity Students rated excellent by the observer, the average - average overall ratings reached 97.7% with excellent assessment criteria, 2) Average - The average value of learning to manage the implementation of learning achieve 3,88% with criteria very well, 3) Mastery learning outcomes of students showed good results, ie 96.2% and complete student and as many as 26 students who did not complete 1 students and achieve minimum completeness criteria (KKM), 4) The results of students' responses to learning using the Jigsaw cooperative learning models is the average - average 96.2% with the title very well. Application of Jigsaw cooperative learning model at SMK Negeri 8 Surabaya is nothing new in the learning process so as to increase student learning outcomes in the subjects of anatomy and physiology basic competencies describe the structure, function and disorders of the hair. Keywords : Cooperative learning, model Jigsaw, structure, function, disorders hair