PENERAPAN PERANGKAT PEMBELAJARAN BERBASIS CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) PADA SUB KOMPETENSI PENATAAN SANGGUL UP STYLE KELAS XI KECANTIKAN RAMBUT SMKN 1 BATU

Main Authors: TAWALLA, ARISTYA, SULANDJARI, SITI
Format: eJournal
Bahasa: ind
Terbitan: Program Studi Pendidikan Tata Rias , 2013
Online Access: http://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-tata-rias/article/view/6306
Daftar Isi:
  • Abstrak: Sekolah Menengah Kejuruan bertujuan mempersiapkan tenaga kerja yang terampil dan kompeten dalam dunia industri. Karena itu siswa harus mampu menghadapi situasi nyata di dunia kerja, berfikir kritis, kreatif, memiliki rasa ingin tahu dan mampu memecahkan masalah yang dihadapi. Penerapan model pembelajaran Contextual teacing and learning  (CTL) memenuhi tujuan belajar tersebut. Sub kompetensi yang dijadikan objek penelitian yaitu melakukan penataan sanggul (up-style) pada siswa kelas XI kecantikan rambut SMKN 1 Batu. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana keterlaksanaan penerapan perangkat pembelajaran di dalam kelas, bagaimana hasil belajar yang diperoleh siswa setelah melakukan proses belajar tersebut, dan bagaimana respon siswa terhadap model dan bahan ajar yang digunakan dalam belajar. Jenis penelitian ini adalah deskriptif dengan menggunakan desain “one shot case study” . Teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi, test dan survei. Metode observasi menggunakan lembar pengamatan keterlaksanaan pembelajaran sesuai sintak CTL yang telah ditentukan dan lembar pengamatan sikap siswa, metode test berupa tes kognitif dan psikomotor, dan metode survei berupa lembar angket respon siswa terhadap model pembejalaran dan bahan ajar yang digunakan guru untuk menyampaikan materi melakukan penataan sanggul (up style). Hasil pengamatan keterlaksanaan proses pembelajaran dilakukan selama 3 kali pertemuan dan mendapatkan nilai rata-rata dari ke-7 aspek 82,2 dengan kriteria “sangat baik”. Pengamatan sikap siswa atau pengamatan afektif siswa menunjukan bahwa 41% siswa memiliki kriteria “sangat baik”, 52% siswa memiliki kriteria “baik” dan 7% siswa berkriteria “kurang baik”. Hasil belajar siswa menunjukan ketuntasan klasikal kognitif  81,5% dan psikomotor 96,3% dengan SKM 75 yang menandakan ketuntasan belajar siswa telah tercapai dengan baik. Hasil respon siswa menunjukan total hasil rating model pembelajaran dan bahan ajar yang digunakan sejumlah 91,3% yang berarti siswa merespon positif model dan bahan ajar yang digunakan. Sehingga dapat disimpulkan bahwa apabila penerapan perangkat pembelajaran yang digunakan sesuai dengan model pembelajaran yang disusun dan di terapkan sesuai dengan sintaks proses model pembelajaran yang digunakan yaitu model pembelajaran CTL maka akan dicapai hasil belajar mengenai melakukan penataan sanggul (up style) yang memenuhi SKM. Kata kunci : Model pembelajaran CTL, perangkat pembelajaran berbasis CTL, sub kompetensi melakukan penataan sanggul (up style).   Abstract: Vocatoinal hight school is aimed to prepare skillfull and competent manpower to enter industrial world. Therefore, the students must be capable in handling real industrial environment, thinking critically, being creative, possessing high curiosity, and solving many problems. Implementation of CTL-based teaching set accomplissing those purposes. Sub-competence as the object of this research is up-style hair styling on Xigrade hair beauty students of vocational school 1 Batu. This research purpose to find out how the teaching set implementation is accomplished, students’ achievement after the teaching process, and how students’ respond on theaching model and material. This research is a descriptive research and applies the design of one shot case study. Data is collected by observation, test, and survey. Observation is conducted based on obsevarion sheets of CTL  syntaxteaching accomplishment, and of students’ affective aspects. The first sheet includes seven aspect they are constructivism, inquiry, questoning, modeling, learning community, reflection, and authentic assesment.  The test covers cognitive and psychomotor tests. Survey is held using a questionnaire to know students’ responses on teaching model and material.Resilt on teaching set implementation accomplishment shows that students’ mean score from the seven aspect is 82.2, classified as “Very Good”, 52% of students’ are “Good”, and 7% students’ are “Not Good”. Students’ classical achievements show that 81.5% of the students’ pass minimum passing standard for cognitive aspect 75 and 96.3% of the students pass the same minimum passing standard for psychomotor aspect. Students’ responses show that 91.3% of the students respond positively toward teaching model and material. From the discussion it can be concluded that the implementation of CTL-based teaching set result on the achievement above the minimum passing standart. Keywords: CTL teaching model, CTL-based teaching set, sub-competence of up-style hair styling