PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BERDASARKAN MASALAH PADA KOMPETENSI DASAR PEWARNAAN RAMBUT SINGLE APLIKASI PADA RAMBUT YANG TELAH MENGALAMI PROSES KIMIA SISWA KELAS XI SMK NEGERI 1 BUDURAN
Main Authors: | Nazua, Balqis Fara, dwiyanti, sri, Puspitorini, Arita, wilujeng, biyan yesi |
---|---|
Format: | Article info application/pdf eJournal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Program Studi Pendidikan Tata Rias
, 2023
|
Online Access: |
https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-tata-rias/article/view/51440 https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-tata-rias/article/view/51440/42026 |
Daftar Isi:
- Abstrak: Teknik pewarnaan single aplikasi merupakan subkompetensi yang dipelajari saat masa pandemisehingga pembelajaran berlangsung secara hybrid. Berdasarkan hasil wawancara dengan gurupembelajaran terkait didapati bahwa 70% siswa memperoleh hasil belajar dibawah KKM. Maka dari itupenerapan model PBM diharap dapat membantu siswa dalam meningkatkan hasil belajar. Penelitian inibertujuan mengkaji sintaks pembelajaran, hasil belajar siswa, respon dan juga aktivitas siswa selamakegiatan pembelajaran berlangsung. Penelitian ini merupakan jenis penelitian “Pre-Experimental Design”menggunakan rancangan “One Group Pretest and Posttest” dengan sampel 32 siswa kelas XI TataKecantikan Rambut di SMK Negeri 1 Buduran. Hasil penelitian membuktikan: (1) sintaks pembelajaranterlaksana dengan kategori sangat baik dan rataan sejumlah 4.0, (2) aktivitas siswa dalam kegiatanpembelajaran mendapat rata rata penilaian 3.9 dengan kategori sangat baik, (3) hasil belajar kognitif danpsikomotor siswa mengalami peningkatan sebesar 17,72 dan 4,9 serta dinyatakan tuntas dan (4) responsiswa terhadap kegiatan pembelajaran masuk kedalam kategori sangat baik dengan total rerata presentase99%. xKata Kunci: Pembelajaran Berdasarkan Masalah, Hasil Belajar, Pewarnaan Rambut