ANALISIS PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERHADAP PENGUASAAN KOGNITIF DAN PSIKOMOTORIK PEMANGKASAN RAMBUT DASAR PADA SISWA SMK NEGERI 3 KEDIRI
Main Authors: | Fitri, Nadhiya Prita Nurdhianita, Puspitorini, Arita, Pritasari, Octaverina, Faidah, mutimmatul |
---|---|
Format: | Article info application/pdf eJournal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Program Studi Pendidikan Tata Rias
, 2023
|
Online Access: |
https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-tata-rias/article/view/51370 https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-tata-rias/article/view/51370/41948 |
Daftar Isi:
- AbstrakRendahnya penguasaan siswa terhadap materi dan keterampilan siswa rendah pada saat melakukan praktikpemangkasan rambut dasar, disebabkan karena penerapan model pembelajaran pada kegiatan belajar mengajaryang kurang tepat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada perbedaan penguasaan kognitif danpsikomotorik siswa sebelum dan sesudah dilakukan penerapan sintak model pembelajaran Problem BasedLearning (PBL) pemangkasan rambut dasar pada siswa SMK Negeri 3 Kediri. Jenis penelitian ini merupakanpenelitian pre-eksperimental design jenis One Group Pretest-Posttest Design. Subyek penelitiannya adalah 32siswa dari kelas XI KC 2 SMK Negeri 3 Kediri. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakantes hasil belajar secara kognitif melalui pretest dan posttest, tes hasil belajar secara psikomotorik melalui teskinerja, observasi dengan lembar observasi keterlaksanaan sintak model pembelajaran Problem basedLearning (PBL), dan respon siswa dengan mengisi lembar angket. Berdasarkan hasil penelitian padapengukuran keterlaksanaan sintak model pembelajaran PBL ada peningkatan sebesar 0,07, dari pengukuranhasil belajar secara kognitif hasil uji paired sample t-test ialah nilai Sig. (2-tailed) 0,000 < 0,05 dan H0 ditolakyang artinya ada perbedaan hasil belajar siswa secara kognitif setelah diterapkannya model pembelajaran PBL,dari pengukuran hasil belajar siswa secara psikomotor melalui tes kinerja nilai rata-rata yang diperoleh sebesar82,7 yang artinya lebih dari nilai KKM yaitu 78, dan respon siswa dapat dikategorikan dalam kategori sangatbaik mulai dari aspek 1 hingga aspek 6. Sehingga dapat disimpulkan model pembelajaran PBL ialah modelpembelajaran efektif untuk mengoptimalkan hasil belajar dan kemampuan psikomotor siswa.Kata Kunci: Penerapan Problem Based Learning (PBL), Pemangkasan Rambut Dasar.