PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL TERHADAP MINAT BELAJAR TATA RIAS WAJAH PADA MAHASISWA TATA RIAS DI UNIVERSITAS NEGERI SURABAYA

Main Authors: Binagdy, Vennas Amalla, Pritasari, Octaverina Kecvara, Puspitorini, Arita, Kusstianti, Nia
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Program Studi Pendidikan Tata Rias , 2022
Online Access: https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-tata-rias/article/view/48993
https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-tata-rias/article/view/48993/40797
Daftar Isi:
  • Pada perkembangan IPTEK, ilmu pendidikan bisa didapatkan melalui media sosial dimana media sosial sangat marak digunakan hampir seluruh masyarakat, banyak informasi yang dibagikan khususnya pada tata rias wajah, sehingga dapat mempengaruhi minat belajar mahasiswa tata rias. Penelitian memiliki tujuan untuk : 1) mengetahui penggunaan media sosial mahasiswa tata rias di Universitas Negeri Surabaya.2) mengetahui pengaruh penggunaan media sosial pada minat belajar tata rias wajah mahasiswa tata rias angkatan 2020 dan 2021 di Universitas Negeri Surabaya. 3) mengetahui dampak positif dan negatif penggunaan medsos pada minat belajar tata rias wajah mahasiswa tata rias di Universitas Negeri Surabaya. Jenis penelitian ini deskriptif kuantitatif. Variabel bebas dalam penelitian ini yaitu media sosial. Variabel terikat dalam penelitian ini adalah minat belajar tata rias wajah. Variabel control penelitian ini adalah instagram, tiktok dan youtube. Metode pengumpulan data pada penelitian ini yaitu observasi dan angket yang dilakukan kepada mahasiswa tata rias Universitas Negeri Surabaya. Analisis data yang diterapkan pada penelitian ini menggunakan persentase dan korelasi product-moment dengan menggunakan SPSS Statistic 25. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) 100% mahasiswa menggunakan media sosial khususnya Instagram, tik tok dan youtube dengan prosentase youtube 48,4%, pengguna tiktok 48,3%, pengguna youtube 3,4%, dari hasil data tersebut disimpulkan bahwa mahasiswa tata rias angkatan 2020 dan 2021 lebih menyukai aplikasi media sosial instagram dan tiktok untuk mengakses konten tata rias wajah. 2) terdapat pengaruh penggunaan media sosial pada minat belajar tata rias wajah mahasiswa tata rias angkatan 2020 dan 2021 di Universitas Negeri Surabaya dengan hasil rhitung(0,403) > rtabel (0,214) dengan taraf signifikasi 5% maka Ha diterima, dan Sig (2.-tailed) 0,002 >Ho ditolak. 3) penggunaan media sosial memberikan dampak positif terhadap minat belajar tata rias wajah pada mahasiswa tata rias angkatan 2020 dan 2021 di Universitas Negeri Kata kunci: Media Sosial, Minat Belajar, Tata Rias