EDUKASI MELALUI E-BOOKLET TATA RIAS KARAKTER TARI JARANAN TURONGGO YAKSO KEPADA SISWA JURUSAN TATA KECANTIKAN KULIT DAN RAMBUT DI SMKN 1 POGALAN

Main Authors: Rarasyanti, Mia, Pritasari, Octaverina Kecvara, Faidah, Mutimmatul, Megasari, Dindy Sinta
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Program Studi Pendidikan Tata Rias , 2022
Online Access: https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-tata-rias/article/view/48632
https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-tata-rias/article/view/48632/40545
Daftar Isi:
  • AbstrakPenelitian berikut merupakan penelitian yang dilatarbelakangi oleh permasalahanpengetahuan siswa terhadap tata rias karakter Tari Jaranan Turonggo Yakso di KabupatenTrenggalek yang masih rendah, sehingga perlu dilakukan edukasi melalui media yang inovatifuntuk meningkatkan pengetahuan siswa tentang kesenian yang wajib dipelajari oleh siswa diKabupaten Trenggalek ini. Tujuan penelitian ini adalah untuk menghasilkan media edukasi yangtelah dikembangkan dan valid, mendeskripsikan keterlaksanaan edukasi, mendeskripsikanpengetahuan peserta sebelum dan setelah dilakukan edukasi, dan mengetahui respon eserta setelahdilakukan edukasi. Penelitian merupakan penelitian R&D (Research and Development) danmengacu pada model pengembangan 4D yang terdiri dari 4 tahap yaitu define, design, develop,disseminate. Subjek penelitian yaitu siswa jurusan tata kecantikan kulit dan rambut di SMKN 1Pogalan berjumlah 59 siswa. Instrumen penelitian menggunakan pedoman wawancara, lembarvalidasi dan penilaian E-Booklet, lembar pretest dan posttest peserta, lembar pengamatan aktivitaspeserta, serta lembar respon peserta edukasi.Hasil mediaedukasi berupa E-Booklet telah divalidasikan oleh ahli dalam bidang tata rias,media, dan seni. Media dinyatakan valid dan layak digunakan sebagai media edukasi dengan nilai4,2 dengan kategori baik. Hasil keterlaksanaan edukasi memperoleh presentase 93,17% dengankategori sangat baik. Hasil respon peserta pelatihan 100% dengan kategori sangat baik. Hasil pretest dan posttest mengalami peningkatan dari rata-rata 31,91 menjadi rata-rata 72,57 dengan nilaigain score sebesar 0,61 atau 61% sehingga media E-Booklet dinyatakan praktis. Signifikansi peningkatan hasil tes yang diuji dengan uji-t dengan hasil nilai signifikansi 0,00 yaitu < α (0,05), sehingga diambil keputusan bahwa Ho ditolak dan Ha diterima. Kesimpulan berdasarkan hasilpenelitian ini adalah media E-Booklet dinnyatakan layak dan valid digunakan sebagai mediaedukasi, sehingga pengetahuan siswa meningkat. Saran untuk program sejenis selanjutnya adalahuntuk dilakukan secara rutin dengan sasaran lebih luas.Kata kunci: Media E-Booklet, Edukasi, Tata Rias Karakter