VIDEO TUTORIAL SANGGUL BANGUN TULAK SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN DARING DI LEMBAGA KURSUS DAN PELATIHAN
Main Authors: | putri, karina herawati, Usodoningtyas, Sri, Lutfiati, Dewi, Faidah, Mutimmatul |
---|---|
Format: | Article info application/pdf eJournal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Program Studi Pendidikan Tata Rias
, 2022
|
Online Access: |
https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-tata-rias/article/view/44943 https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-tata-rias/article/view/44943/38109 |
Daftar Isi:
- AbstrakPada saat ini coronavirus masih menjadi isu nasional di Indonesia. Di dunia pendidikan, intensitas prosespembelajaran secara tatap muka tentu saja berkurang dibanding sebelum adanya pandemi. Lembaga pelatihan dankursus merupakan satuan pendidikan non formal yang memberikan pengetahuan, pengembangan diri, keterampilandan kecakapan kerja sebagai bekal urntuk bekerja, mengembangkan profesi maupun membuka usaha mandiri. Karenaterbatasanya jam pembelajaran sehingga pertemuan tatap muka difokuskan untuk pembelajaran praktek. Makadibutuhkan media pembelajaran yang dapat membantu penyampaian materi secara teoritik. Tujuan dari penelitian iniuntuk menghasilkan media pembelajaran berbentuk video tutorial sanggul bangun tulak serta untuk mengetahuikelayakan video tutorial sanggul bangun tulak sebagai media pembelajaran di lembaga kursus dan pelatihan. Metodeyang digunakan adalah penelitian deskriptif dengan teknik pengumpulan data observasi responden melalui lembarobservasi. Dari hasil perhitunngan melalui analisa deskriptif, menunjukan aspek materi mendapat hasil presentase92,3% dan aspek media mendapat hasil presentase 92,3% dengan kategori kelayakan yaitu sangat layak. Hal iniberarti video tutorial sanggul bangun tulak tersebut telah layak dijadikan sebagai media pembelajaran di lembagakursus dan pelatihan.Kata Kunci : video tutorial, bangun tulak, lembaga kursus dan pelatihan