ANALISIS STRATEGI PROMOSI JASA MAKE UP PENGANTIN DI PARAS ASRI WEDDING ORGANIZER MELALUI MEDIA SOSIAL
Main Authors: | Hartanti Wulandari, Ririn Noor, Puspitorini, Arita, Kusstianti, Nia, Lutfiati, Dewi |
---|---|
Format: | Article info application/pdf eJournal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Program Studi Pendidikan Tata Rias
, 2022
|
Online Access: |
https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-tata-rias/article/view/44407 https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-tata-rias/article/view/44407/37766 |
Daftar Isi:
- abstrak Paras Asri Wedding Organizer merupakan bisnis dalam bidang jasa rias pengantin yangjuga menyediakan penyewaan baju pengantin, photographer, videographer, tendapernikahan dan dekorasi pernikahan. Peneliti memilih Paras Asri Wedding Organizerdengan bertujuan untuk mengetahui bagaimana strategi promosi dalam bermedia sosial.Penelitian ini mendeskripsikan bentuk strategi promosi di dalam media sosial yangdigunakan oleh Paras Asri Wedding Organizer. Desain penelitian yang digunakan adalahjenis penelitian deskripsi kualitatif. Metode pengumpulan data pada penelitian ini yaitumenggunakan teknik wawancara dan dokumentasi. Instrumen yang digunakan adalahpedoman wawancara yang berupa beberapa daftar pertanyaan dan juga dokumentasi berupafoto kegiatan dan brosur. Adapun teknik analisis data yang digunakan pada penelitian iniyaitu dengan menggunakan tahapan reduksi data, penyajian data, dan penarikankesimpulan. Penelitian ini mengacu pada teori promotion mix yang dikemukakan olehKotler dan Keller (2012:202). Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa Paras AsriWedding Organizer menerapkan strategi promosi yang mengandung promotion mix yangberisi Iklan (Advertising) promosi melalui beberapa media seperti Instagram, TikTok, danWhatsApp, Promosi Penjualan (Sales Promotion) menerapkan promosi melalui mediasosial, Hubungan Masyarakat (Public Relation) yang mempengaruhi konsumen melaluikonten yang menarik dan bekerja sama dengan model atau selebgram, Penjualan Personal(Personal Selling) komunikasi langsung antara owner dengan calon pengantin, PemasaranLangsung (Direct Marketing) media sosial sebagai tempat untuk membagikan konten yangmenarik dan kreatif untuk menarik perhatian calon pengantin.Kata Kunci : Strategi Promosi, Wedding Organizer, Media Sosial