ANALISIS PERBANDINGAN MINAT KONSUMEN REMAJA PUTRI SISWA SMK PARIWISATA TERHADAP PRODUK KOSMETIK SKINCARE ANTARA PRODUK LOKAL DI SURABAYA DAN PRODUK LUAR NEGERI ((KOREA)
Main Authors: | Riha, Iflachah Lailatul, Maspiyah, Maspiyah, Pritasari, Octaverina, Dwiyanti, Sri |
---|---|
Format: | Article info application/pdf eJournal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Program Studi Pendidikan Tata Rias
, 2021
|
Online Access: |
https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-tata-rias/article/view/44074 https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-tata-rias/article/view/44074/37495 |
Daftar Isi:
- abstrak Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1) minat remaja putri pada produk kosmetik skincare lokal diSurabaya 2) minat remaja putri pada produk kosmetik skincare luar negeri (Korea), 3) mengetahuiperbandingan minat remaja putri antara produk lokal dan produk luar negeri. Penelitian ini merupakanpenelitian kuantitatif. Populasi penelitian ini adalah remaja putri siswa SMK Pariwisata Satya WidyaSurabaya. Selanjutnya diambil sampel penelitian secara acak berjumlah 140 responden. Instrumenpengumpulan data menggunakan angket. Analisis data yang digunakan adalah Chi-Square. Hasil penelitianmenunjukkan 1). Minat remaja puteri terhadap skincare Korea memiliki nilai nilai mean rank sebesar 120,22dan nilai sum of rank sebesar 16830.50. 2). minat remaja puteri terhadap skincare Lokal adalah nilai meanrank sebesar 160,78 dari 140 responden dan nilai sum of rank sebesar 22509.50. 3). Perbandingan minatkonsumen remaja puteri antara kosmetik lokal dan kosmetik luar negeri (Korea) berdasarkan uji chi squaredan Mann-Whitney U menyimpulkan bahwa skincare Korea paling diminati oleh remaja putri.Kata Kunci: Skincare Local, Skincare Korea, Minat Konsumen, Remaja