TINGKAT KEPUASAN PELANGGAN PADA PEMBELIAN PRODUK KOSMETIK DI KLINIK MS GLOW SAMARINDA DALAM MASA PANDEMI COVID-19

Main Authors: Fauziah, Syaviera Alifia, Lutfiati, Dewi, Dwiyanti, Sri, Maspiyah, Maspiyah
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Program Studi Pendidikan Tata Rias , 2021
Online Access: https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-tata-rias/article/view/44046
https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-tata-rias/article/view/44046/37475
Daftar Isi:
  • abstrak Trend pembelian produk perawatan wajah kini semakin banyak digemari masyarakat sebagai penunjangpenampilan. Namun karena adanya pandemi Covid-19 saat ini, memiliki dampak yang cukup besar diberbagai aspek kehidupan, termasuk didalam dunia kecantikan. MS Glow merupakan salah satu produkkecantikan yg masih bertahan di era pandemi saat ini dan mengalami kenaikan penjualan. Hal ini sesuaidengan hasil studi awal terkait trend penggunaan produk perawatan wajah MS Glow dan mempengaruhipeneliti untuk mengetahui kepuasan pelanggan dalam pembelian produk kosmetik perawatan wajah. Jenispenelitian yang digunakan yaitu penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Objek penelitian adalahkepuasan pelanggan meliputi kualitas produk, kualitas pelayanan, kepuasan konsumen dan loyalitaskonsumen. Pengambilan data menggunakan kuesioner yang dilakukan secara online melalui Google form.Subjek penelitian menggunakan purposive sampling sejumlah 50 responden. Teknik analisis data yangdigunakan adalah persentase. Hasil dari penelitian ini menunjukkan persentase pada aspek kualitas produksebesar 92,14%, pada aspek kualitas pelayanan sebesar 94%, pada aspek kepuasan konsumen sebesar85,71%, dan pada aspek loyalitas konsumen sebesar 85%, ke-empat aspek tersebut menunjukkan kriteria ygsangat baik. Aspek kualitas produk dan pelayanan menunjukkan angka tertinggi pada kepuasan pelangganproduk perawatan wajah MS Glow.Kata Kunci : Trend, Produk Kosmetik, Kepuasan Pelanggan