MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS FLIPBOOK PADA KOMPETENSI DASAR PEMANGKASAN RAMBUT TEKNIK INCREASE LAYER KELAS XI SMK

Main Authors: ulya, nanda hilyatul, Lutfiati, Dewi, Pritasari, Octaverina, Wilujeng, Biyan
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Program Studi Pendidikan Tata Rias , 2021
Online Access: https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-tata-rias/article/view/43979
https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-tata-rias/article/view/43979/37436
Daftar Isi:
  • abstrak Masa pandemi Covid-19 menimbulkan kebijakan pemerintah agar peserta didik belajar secara daring.Media pembelajaran interaktif digunakan sebagai sarana pendukung guna meningkatkan semangat danminat belajar peserta didik. Media interaktif yang dikembangkan berupa flipbook yang diterapkan padakompetensi dasar pemangkasan rambut teknik increase layer. Tujuan dari penelitian ini untukmengetahui prosedur perancangan pembuatan dan kelayakan media pembelajaran interaktif. Penelitianini menggunakan metode penelitian kuantitatif model Research and Development (R&D) dengan 5tahap yaitu: potensi dan masalah, mengumpulkan data, desain produk, validasi desain, revisi desain.Objek penelitian ini adalah kelayakan media pembelajaran interaktif berbasis flipbook. Metodepengumpulan data menggunakan kuesioner penilaian media melalui google form dengan melibatkan15 validator yang terdiri dari 5 ahli materi, 6 ahli media, dan 4 ahli bahasa. Teknik analisis datamenggunakan teknik analisis deskriptif dimana data diolah berdasarkan jawaban yang diberikanvalidator. Hasil penelitian Menunjukkan: (1) prosedur perancangan pembuatan media interaktifberbasis flipbook meliputi: penyusunan materi menggunakan referensi buku ajar pemangkasan rambut,pembuatan video langkah pemangkasan menggunakan aplikasi InShot, mendesain layoutmenggunakan aplikasi CorelDRAW, menyusun media interaktif flipbook dengan format exe danHTML5. (2) Hasil kelayakan oleh para ahli ditinjau dari segi kualitas materi mendapatkan persentasesebesar 87%, kualitas media sebesar 88,56%, dan kualitas bahasa sebesar 90,9%, dan diperoleh ratarata sebesar 89% yang dapat dinyatakan media sangat layak digunakan sebagai media pembelajarandalam proses kegiatan belajar mengajar.Kata Kunci: Media interaktif, flipbook, increase layer