PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD PADA KOMPETENSI DASAR MEMAHAMI PRATATA DESAIN UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS X SMK NEGERI 3 BLITAR

Main Authors: Hadityaningsih, Linda; S1 Pendidikan Tata Rias Jurusan PKK Fakultas Teknik Universitas Negeri Surabaya, Lutfiati, Dewi; S1 Pendidikan Tata Rias Jurusan PKK Fakultas Teknik Universitas Negeri Surabaya
Other Authors: Prodi S1 Pendidikan Tata Rias, sriusodoningtyas@yahoo.co.id
Format: Article application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Program Studi Pendidikan Tata Rias , 2013
Online Access: http://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-tata-rias/article/view/3928
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui; 1) keterlaksanaan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD, 2) aktivitas siswa, 3) hasil belajar kognitif, 4) keterampilan sosial siswa menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD pada kompetensi dasar memahami pratata desain untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas X SMK Negeri 3 Blitar. Desain penelitian one group pretest posttest. Subjek penelitian adalah siswa kelas X SMKN 3 Blitar sebanyak 29 siswa. Metode pengumpulan data menggunakan observasi dan tes hasil belajar. Untuk analisis data penelitian menggunakan uji t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) keterlaksanaan penggunaan model pembelajaran mencapai kategori baik yang meliputi kegiatan pendahuluan, inti, penutup, pengelolaan pembelajaran, suasana kelas, 2) aktivitas siswa yang diamati oleh 7 observer mencapai kategori sangat baik, 3) hasil belajar kognitif siswa pada pretest dengan rata-rata nilai 66, sedangkan pada posttest dengan rata-rata nilai mencapai 87. Hasil perhitungan uji t diperoleh t hitung 16,827 dengan taraf signifikasi 0,000. Jadi ada peningkatan hasil belajar yang sigmifikan sebelum dan sesudah penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe STAD pada kompetensi dasar memahami pratata desain untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas X SMK Negeri 3 Blitar. 4) keterampilan sosial siswa dalam 7 kelompok yang masing-masing diamati oleh 1 observer mendapat kategori sangat baik. Kata Kunci : Model Pembelajaran Kooperatif tipe STAD, memahami pratata desain ABSTRACT This research aimed to know: 1) realization of cooperative learning model type of STAD, 2) student activities, 3) cognitive achievement, and 4) students social skill of using cooperative learning model type of STAD on basic competence of understanding preset design to improve achievement of grader X SMK Negeri 3 Blitar. Research design one group pretest posttest. The research subjects were grader X SMKN Negeri 3 Blitar as many as 29 students. Data collecting method used was observation and learning result test. To analyze research data used t-test. Result of the research shows that: 1) realization of using learning model obtained in good category which involved opening activity, main activity, closing activity, learning management, and classroom situation, 2) students activities observed by 7 observer obtained in very good category, 3) students cognitive achievement at pretest have average score 66, while at posttest have average score 87. The calculation result of t-test obtained tcalculation 16.827 with signification 0,000. There was improvement of achievement after and before the use of cooperative learning model type of STAD on basic competence of understanding preset design to improve achievement of grader X SMK Negeri 3 Blitar. 4) Student social skill in 7 groups in which each group observed by one observer obtained in very good category. Keywords : Cooperative learning model type of STAD, understanding preset design