PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW PADA KOMPETENSI KOSMETIKA KECANTIKAN RAMBUT DI SMK NEGERI 8 SURABAYA

Main Authors: Ardila, Astin Ike; S1 Pendidikan Tata Rias Jurusan PKK Fakultas Teknik Unesa, Suhartiningsih, Hartik; S1 Pendidikan Tata Rias Jurusan PKK Fakultas Teknik Unesa
Format: Article application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Program Studi Pendidikan Tata Rias , 2013
Online Access: http://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-tata-rias/article/view/2483
Daftar Isi:
  • Kompetensi dasar kosmetika kecantikan rambut di SMK Negeri 8 Surabaya kurang maksimal mencapai tujuan pembelajaran, dilihat dari hasil belajar, respon siswa yang kurang dan pembelajaran masih berpusat pada guru, kurang melibatkan siswa secara aktif. Hal tersebut menjadi alasan peneliti menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw pada kompetensi dasar kosmetika kecantikan rambut. Adapaun tujuan dari penelitian adalah untuk mengetahui: 1) keterlaksanaan model pembelajaran, 2) aktifitas siswa, 3) respon belajar siswa, 4) dan pengaruh penerapan pembelajaran pada siswa. Jenis penelitian ini adalah Pre Eksperimen, menggunakan desain penelitian One Group Pretest Posttest Design. Subjek penelitian adalah siswa kelas X tata kecantikan rambut 2 di SMK Negeri 8 Surabaya sebanyak 32 siswa. Metode pengumpulan data menggunakan observasi, angket dan tes. Analisis data penelitian ini menggunakan uji-t. Hasil penelitian menunjukkan keterlaksanaan model pembelajaran mencapai rata-rata 4,75 dengan predikat sangat baik. Aktifitas siswa yang mencakup delapan aspek penilaian dengan hasil rata-rata mencapai 84,25% dengan predikat sangat baik. Hasil penilaian dari repon siswa mencapai rata-rata 96,8% dengan predikat sangat baik. Hasil uji-t 14,834 dengan p ˂ 0,05 yaitu 0,000 menunjukkan hasil akhir diterima kesimpulannya yaitu ada pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw pada kompetensi kosmetika kecantikan rambut di SMK Negeri 8 Surabaya.