PENGARUH MEDIA GAMBAR TERHADAP HASIL BELAJAR RIAS WAJAH PANGGUNG DI SMK NEGERI 4 MADIUN

Main Authors: ROHMAWATI, SETYO, Suhartiningsih, Suhartiningsih
Other Authors: Unesa
Format: Article application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Program Studi Pendidikan Tata Rias , 2013
Online Access: http://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-tata-rias/article/view/1095
Daftar Isi:
  • Gambar mudah dikreasikan dan diaplikasikan dalam mata pelajaran tata rias wajah panggung di SMK Negeri 4 Madiun. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) aktivitas siswa terhadap media gambar sebagai media pengajaran, (2) respon siswa, (3) hasil belajar siswa pada kompetensi dasar tata rias wajah panggung. Jenis penelitian ini termasuk penelitian pre experimental dengan desain penelitian The One-Shot Case Study. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI Tata Kecantikan Rambut SMK Negeri 4 Madiun sebanyak 28 siswa. Metode pengumpulan data menggunakan observasi, angket dan tes hasil belajar. Instrumen penelitian menggunakan gambar foto, observasi, angket, dan tes. Metode analisis data penelitian ini mengunakan metode deskriptif kuantitatif dengan rata-rata dan presentase. Hasil penelitian menunjukkan: (1) aktivitas siswa yang paling menonjol adalah siswa mengamati media gambar 75%, siswa melakukan praktek tata rias wajah panggung karakter 96% sedangkan siswa mempresentasikan hasil karya tata rias wajah panggung karakter 46%, (2) respon siswa yang paling mendukung adalah gambar sebagai media pengajaran merupakan hal baru diperoleh 82,1%, (3) hasil belajar secara keseluruhan (klasikal) yang tuntas sebesar 89% dan yang tidak tuntas sebesar 11%. Kata Kunci : Model Pengajaran Langsung, Aktivitas Siswa, Respon Siswa, Hasil Belajar. Abstract Images are easily in creations and applied subjects in stage make-up SMK Negeri 4 Madiun. The purpose of this examination is to know: (1) student activities on media images as a medium of education, (2) student responses, (3) student learning outcomes in basic competence stage make-up. This type of research includes pre-experimental research study design with the One-Shot Case Study. The subjects were students of class XI Beauty Hair SMK Negeri 4 Madiun as many as 28 students. Data collection methods used observation, questionnaires and tests learning results. Instrument research use media images, observations, questionnaires and tests. This method of data analysis using quantitative descriptive method with average and percentage. The results showed: (1) the activity of the most prominent students were students to investigate media images 75%, students are practicing stage make-up is 96% while the character of the students present their work onstage character make-up 46%, (2) the student response support is an image as a new medium of education is obtained 82.1%, (3) overall learning results (classical) that finished at 89% and 11% incomplete. Keywords: Direct Teaching Model, Student Activities, Student Response, Learning Outcomes.