PENINGKATAN KETERAMPILAN NAIL ART MELALUI PELATIHAN BAGI SISWA KELAS XI TATA KECANTIKAN RAMBUT SMK NEGERI 6 SURABAYA
Main Authors: | PUSPITA SARI, YENI, LUTFIATI, DEWI |
---|---|
Format: | eJournal |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
Program Studi Pendidikan Tata Rias
, 2014
|
Online Access: |
http://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-tata-rias/article/view/10564 |
Daftar Isi:
- Abstrak: Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui: 1) pengelolaan pelatihan, 2) aktivitas peserta pelatihan, 3) perbedaan hasil keterampilan sebelum dan sesudah diberi pelatihan dan 4) respon peserta. Penelitian adalah pre-eksperimen dengan rancangan one-group pretest and posttest design. Data yang didapat berupa hasil pengelolaan pelatihan, aktivitas peserta pelatihan, nilai pretest-posttest keterampilan dan respon peserta pelatihan dari subjek pelatihan yang merupakan siswa kelas XI Tata Kecantikan Rambut SMK Negeri 6 Surabaya berjumlah 28 siswa. Metode pengumpulan data penelitian ini menggunakan lembar observasi, tes praktek dan angket. Metode analisis data menggunakan rata-rata untuk pengelolaan pelatihan dan aktivitas peserta pelatihan, sedangkan hasil penilaian keterampilan nail art peserta menggunakan uji-t dan respon peserta pelatihan menggunakan persentase. Berdasarkan hasil analisis data pengelolaan pelatihan mendapat rata-rata 3,7 (sangat baik). Aktivitas peserta pelatihan dapat dikategorikan sangat baik dengan rata-rata 3,6. Hasil penilaian pelatihan menunjukkan adanya peningkatan nilai rata-rata. Nilai keseluruhan peserta dalam kegiatan praktek juga menunjukkan adanya peningkatan yakni untuk nilai rata-rata pretest 68,6 dan nilai rata-rata posttest 82,6 dengan t hitung= 9,058 dan angka signifikan 0,000 yang berarti terdapat perbedaan dari pengukuran nilai pretest dan posttest. Respon peserta terhadap pelatihan menunjukkan persentase rata-rata sebesar 88% dengan kriteria sangat baik. Kata Kunci: Pelatihan, Keterampilan Nail Art Abstract: Research Target this is the for know: 1) management of training, 2) activity of training participant, 3) difference result before and after given training and 4) respond participant. Research is pre-experiment with design one-group pretest and posttest design. Data that can be in the form of result of training management, activity of training participant, value pretest-posttest and respond training participant from training subject that is class student XI Hairdo beauty SMK State 6 Surabaya, amount to 28 students. Data collecting Method at this research use observation sheet, practice tests and questionnaires. Method of data analysis use average for training management and activity of training participant, whereas research result uses test-t and for respond training participant uses percentage. Base result of data analysis is got training management of the average of 3,7 (very good). Activity of training participant can be categorized very good with the average of 3,6. Result of skill training assessment nail art shows existence of average the rising value. For overall value participant in practice activities also show existence of improvement namely to assess the average of pretest 68,6 and value of the average of posttest 82,6 with t count/calculate= 9,058 and significant number 0,000 that mean existed significant difference from value measurement pretest and posttest. Respond participant to training shows average percentage as high as 88% with very good criterion. Keyword: Training, Skill Nail Art