PENERAPAN MEDIA VIDEO PADA KOMPETENSI MEMBUAT GAMBAR BAGIAN DAN BENTUK BUSANA DI KELAS X TATA BUSANA 1 SMK NEGERI 6 SURABAYA
Main Authors: | INDRIYANI, RINI, , MARNIATI |
---|---|
Format: | Article info application/pdf eJournal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Universitas Negeri Surabaya
, 2020
|
Online Access: |
https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-tata-busana/article/view/34128 https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-tata-busana/article/view/34128/30414 |
Daftar Isi:
- Abstrak Sekolah merupakan lembaga pendidikan untuk belajar, tempat menerima dan memberi ilmu pengetahuan. SMK Negeri 6 Surabaya memiliki visi yang berbunyi “menjadikan SMK yang unggul, menghasilkan lulusan profesional, mandiri, berbudi luhur, berwawasan lingkungan serta mampu berkompetensi diera global”. Namun dari hasil wawancara dengan guru SMK Negeri 6 Surabaya menyatakan jika siswa kurang bersemangat, kurang aktif dalam pembelajaran, serta guru merasa kesulitan untuk memahamkan para siswa. Meskipun era digital juga telah berkembang sangat pesat guru belum memanfatkan media video. Maka dari itu upaya untuk mengatasi masalah tersebut akan diterapannya media video pada kompetensi membuat gambar bagian dan bentuk busana di SMK Negeri 6 Surabaya kelas X Tata Busana 1. Tujuan penelitian ini meliputi: 1) mengetahui hasil keterlaksanaan pembelajaran menggunakan media video, 2) mengetahui hasil belajar siswa yang dipengaruhi dengan menerapkan media video. Proses penelitian dilaksanakan pada tahun pelajaran 2019/2020 semester genap dengan subjek kelas X Tata Busana 1 yang berjumlah 32 siswa. Penelitian ini menggunakan metode pengumpulan data berupa pengamatan atau observasi, wawancara, dokumentasi dan tes dengan teknik analisis data deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) hasil keterlaksanaan pembelajaran pada kompetensi membuat gambar bagian dan bentuk busana dapat terlaksana dengan sangat baik dengan skor rata-rata untuk aktivitas guru 98% dan aktivitas siswa 89%, dan 2) penerapan media video memiliki pengaruh terhadap hasil belajar siswa dengan ketuntasan 100% dari total 32 siswa, tigapuluh satu siswa dinyatakan tuntas karena memperoleh nilai antara ≥75 - ≤90, serta seorang siswa dinyatakan terlampaui karena memperoleh nilai ≥91. Sehingga dapat disimpulkan bahwa menerapkan media video pada kompetensi membuat gambar bagian dan bentuk busana di kelas X Tata Busana 1 SMKN 6 Surabaya dapat mempengaruhi hasil belajar karena siswa lebih memahami materi, semakin bersemangat, dan aktif dalam pembelajaran. Kata Kunci: Penerapan media, video, bagian dan bentuk busana. Abstract The school is an educational institution for learning, a place to receive and provide knowledge. SMK Negeri 6 Surabaya has a vision that "making SMK superior, producing professional graduates, independent, virtuous, environmentally sound and capable of global competence". However, the results of interviews with teachers of SMK Negeri 6 Surabaya stated that if students are less enthusiastic, less active in learning, and teachers find it difficult to understand students. Although the digital age has also been growing very rapidly the teacher has not utilized video media. Therefore efforts to overcome this problem will be the application of video media to the competence of making drawing parts and fashion forms in SMK Negeri 6 Surabaya Class X Fasion 1. The objectives of this study include: 1) knowing the results of learning using video media, 2) knowing the learning outcomes of students who influenced by applying video media. The research process was carried out in the 2019/2020 school year even semester with 32 class X fashion 1 subjects. This study uses data collection methods in the form of observations or observations, interviews, documentation and tests with quantitative descriptive data analysis techniques. The results of this study indicate that: 1) the results of the implementation of learning on the competence of making part drawings and fashion forms can be carried out very well with an average score for 98% teacher activity and 89% student activity, and 2) the application of video media has an influence on the results student learning with 100% completeness out of a total of 32 students, thirty-one students were declared complete because they scored between ≥75 - ≤90, and a student was declared exceeded because he scored ≥91. So it can be concluded that applying video media to the competence of drawing parts and fashhion forms in class X Fashion 1 of SMKN 6 Surabaya can influence learning outcomes because students understand the material more, are more excited, and are active in learning.. Keywords: Application of media, video, parts and fashion forms.