PROSES DAN HASIL PEMBELAJARAN PRAKTIK KERJA INDUSTRI SISWA KELAS XI TATA BOGA SMKN 1 BUDURAN (SUATU STUDI KASUS)

Main Authors: Purwati, Miranti Dewi, Astuti, Nugrahani, Purwidiani, Niken, Miranti, Mauren Gita
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Jurnal Tata Boga , 2022
Online Access: https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-tata-boga/article/view/50290
https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-tata-boga/article/view/50290/41350
Daftar Isi:
  •   ABSTRAK Adanya pengangguran dikarenakan ketidakseimbangan yang terjadi antara jumlah tenaga kerja usia produktif terhadap jumlah ketersediaan lapangan pekerjaan. Dengan demikian setiap orang diwajibkan memiliki kompetensi agar mampu bersaing secara kompetitif dalam dunia kerja. Untuk itu melalui Prakerin merupakan salah satu upaya yang dapat ditempuh guna peningkatan kualitas kompetensi seseorang setelah lulus berdasarkan kebutuhan tenaga kerja dilapangan sesuai dengan kompetensi keahliannya. Tujuan dari penelitan ini untuk mengidentifikasi: 1) proses dan hasil belajar praktik kerja industri siswa kelas XI Tata Boga SMKN 1 Buduran 2) persepsi siswa terhadap proses dan hasil belajar selama melaksanakan praktik kerja industri. Penelitian ini merupakan jenis penelitian deskriptif kuantitatif. Metode pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Setelah data penelitian didapatkan, maka dilakukan analisa data deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan: 1)Panitia prakerin (pokja) di sekolah melakukan berbagai persiapan, pendampingan dan pemantauan dalam upaya keberhasilan prakerin serta nilai rata-rata siswa menunjukkan angka di atas 79 yang berarti siswa lulus dan mencapai kompetensi yang diharapkan sekolah; 2) persepsi siswa terhadap proses dan hasil belajar selama melaksanakan prakerin menunjukkan semua aspek di atas 76 hal ini menunjukkan bahwa siswa “sangat setuju” sesuai dengan apa yang dialami siswa selama prakerin berlangsung dan relevan dengan penilaian yang dilakukan oleh sekolah maupun industri.