Humanisasi Pendidikan dalam Perspektif Islam

Main Author: Ali, Mudzakkir
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: JURNAL TASAMUH , 2015
Online Access: http://publikasiilmiah.unwahas.ac.id/index.php/TSM/article/view/1238
http://publikasiilmiah.unwahas.ac.id/index.php/TSM/article/view/1238/1345
Daftar Isi:
  • Artikel ini bertujuan mendeskripsikan salah satu karakteristikpendidikan dalam Islam, humanis. Merekonstruksi pendidikanhumanis atau humanisasi pendidikan merupakan keharusan,terutama bagi setiap pelaku pendidikan di Indonesia. Terlebih,potret buram pendidikan masih terus membayangi dan menghantuidalam kehidupan sehari-hari. Berbagai macam aksi kekerasan dantawuran antar remaja/siswa bisa jadi justifikasi atas opini ini.Pendidikan tidak lagi berorientasi bagaimana membentuk insanyang seutuhnya tapi lebih berorientasi bagaimana meraih materisebanyak-banyaknya. Sehingga tanpa sadar, manusia menjadisumber eksploitasi dari pendidikan itu sendiri. Dengan kata lain,telah terjadi dehumanisasi. Padahal seharusnya pendidikan adalahmemanusiakan manusia sesuai dengan kodratnya. Yaitu manusia yang mempunyai derajat yang tinggi dan mulia (aḥsani taqwīm).Kata Kunci: humanisasi, dehumanisasi, pendidikan, hominisasi,Islam