MODEL PEMBELAJARAN ROLE PLAYING PADA MATA PELAJARAN PKn UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR

Main Authors: Warsini, Warsini, Sudjarwo, Sudjarwo, Suntoro, Irawan
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Lampung , 2015
Online Access: http://jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/JSS/article/view/8203
http://jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/JSS/article/view/8203/5323
Daftar Isi:
  • This research is aimed to describe and to know: (1) The process of applying PKn learning by applying role playing model, (2) Increasing student learning motivation by role playing model, (3) Pkn’s learning completeness students. The research method used was classroom action research. The data collecting technique used were obsevation, interview, documentation and test result. The data jained, then was analyzed by using descriptive technique to know the effectiveness of role playing model as a mean to increase students learning motivation. The result of the text showd: (1) need the role playing model (2) role playing model can increase students motivation and students score.Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan dan mengetahui: (1) Proses pelaksanaan pembelajaran PKn dengan menerapkan model role playing, (2) Peningkatan motivasi belajar siswa dengan model pembelajaran role playing, dan (3) Ketuntasan hasil belajar mata pelajaran PKn siswa. Penelitian menggunakan pendekatan Penelitian Tindakan Kelas. Pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dokumentasi dan tes hasil belajar. Adapun data yang didapat kemudian dianalisis dengan menggunakan teknik deskriptif untuk mengetahui efektifitas pembelajaran model role playing sebagai upaya meningkatkan motivasi belajar siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) membutuhkan model pembelajaran role playing. (2) pembelajaran role playing dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar peserta didik.Kata kunci: hasil belajar, motivasi, role playing