PENGEMBANGAN PEMBELAJARAN IPS TERPADU MELALUI MEDIA PIE CHART UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR
Main Authors: | Arga, Kharisma Idola, Darsono, Darsono, Pargito, Pargito |
---|---|
Format: | Article info application/pdf eJournal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Lampung
, 2015
|
Online Access: |
http://jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/JSS/article/view/8200 http://jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/JSS/article/view/8200/4993 |
Daftar Isi:
- This research aimed to develop social study learning through Pie Chart and to know the effectiveness of learning through Pie Chart in social study learning. The research method used was Research and Development (R&D). The desain of learning development through Pie Chart used the step of Dick and Carey. The research result of this learning development concluded that this research was the development of social study learning through Pie Chart to increase the study result of the student. The study result of posttest in experiment class that used Pie Chart in social studies learning was higher than the control class that used conventional learning. Penelitian ini bertujuan mengembangkan pembelajaran IPS terpadu melalui media Pie Chart dan mengetahui efektivitas pembelajaran melalui media Pie Chart dalam pembelajaran IPS terpadu. Metode penelitian yang digunakan adalah Research and Develoment (R&D). Desain pengembangan pembelajaran melalui media Pie Chart menggunakan langkah-langkah Dick and Carey. Hasil penelitian pengembangan pembelajaran ini menyimpulkan bahwa Penelitian ini adalah pengembangan pembelajaran IPS terpadu melalui media Pie Chart untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Hasil belajar dari kegiatan posttest kelas eksperimen yang menggunakan media Pie Chart dalam pembelajaran IPS terpadu lebih tinggi dibandingkan dengan rata-rata hasil belajar peserta didik kelas kontrol yang menggunakan pembelajaran konvensional.Kata kunci: media pie chart, pembelajaran ips terpadu, pengembangan