METODE DISKUSI KELOMPOK UNTUK MENINGKATKAN NILAI KARAKTER PESERTA DIDIK DALAM PEMBELAJARAN IPS
Main Authors: | Indrawanto, Indrawanto, Pargito, Pargito, Maskun, Maskun |
---|---|
Format: | Article info application/pdf eJournal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Lampung
, 2015
|
Online Access: |
http://jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/JSS/article/view/8051 http://jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/JSS/article/view/8051/4979 |
Daftar Isi:
- The research aims to know the use of discussion method to increase the students’ character value. The method used Classroom Action Research. The objects were 30 students. The data of the students’ character value were taken from observation sheet. Whereas, the data of the teacher’s ability was taken from IPKG sheet.The result was proven from the increasing of the students’ character value from a cycle to another cycle. At the first cycle the students who achieved the character value only 10 students. At the second cycle it increased to 15 students, and the last cycle, it increased to 26 students. Then, the learning and teaching process that was conducted by teacher from one cycle to another cycle was proved from the first cycle the teacher got 64, at the second cycle got 74, and at the third cycle got 83.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimanakah penggunaan metode diskusi kelompok untuk meningkatkan nilai karakter peserta didik. Metode yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas. Objek Penelitian sebanyak 30 siswa. Data tentang nilai karakter peserta didik diperoleh melalui lembar observasi yang dilakukan oleh observer ketika guru melakuakan pembelajaran. Sedangkan data tentang kemampuan pelaksanaan pembelajaran guru diperoleh melalui Lembar IPKG. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan metode diskusi kelompok dapat meningkatkan nilai karakter peserta didik dalam pembelajaran IPS. Hal ini dapat dibuktikan dengan Peningkatan nilai karakter peserta didik dari siklus ke siklus. Pada siklus I peserta didik yang mencapai nilai karakter hanya 10 siswa. Pada siklus II meningkat menjadi 15 siswa, dan pada siklus III meninggkat menjadi 26 siswa. Mengenai pelaksanaan pembelajaran yang dilakukan oleh guru dari siklus ke siklus juga dapat dilihat pada siklus I guru memperoleh nilai 64, pada siklus II memperoleh 74, dan pada siklus III memperoleh nilai 83.Kata kunci: diskusi kelompok, nilai karakter, pembelajaran ips