PENGARUH PERSEPSI MENGGUNAKAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NHT DAN MOTIVASI TERHADAP KREATIVITAS BELAJAR

Main Authors: Wahidin, Wahidin, Sudjarwo, Sudjarwo, Purnomo, Eddy
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Lampung , 2014
Online Access: http://jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/JSS/article/view/4967
http://jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/JSS/article/view/4967/3315
Daftar Isi:
  • The purpose of this study was to clarify the effect of students 'perceptions about the use of cooperative learning models NHT and students' motivation to learn IPS student creativity. This research method is a correlational descriptive. The results of the study indicate that students 'perceptions about cooperative learning model NHT has a positive influence and significant impact on the formation of students' learning creativity that is equal to 0216 > 0.211 at the significance level α = 0.05 level. Students' perceptions about cooperative learning model NHT has a positive influence and significant impact on the formation of student motivation is equal to 0.285 > 0.211 at the significance level α = 0.05 level. Students' perceptions about cooperative learning model NHT and student motivation has a positive influence and significant impact on student learning creativity that is equal to 0.196 > 0.115 at the significance level α = 0.05 level.Tujuan penelitian ini adalah adalah untuk menjelaskan pengaruh persepsi siswa tentang model pembelajaraan kooperatif tipe NHT dan motivasi belajar siswa terhadap kreativitas belajar IPS siswa. Metode penelitian ini adalah deskriptif korelasional. Hasil penelitian menunjukkan bahwa persepsi siswa tentang model pembelajaran kooperatif tipe NHT mempunyai pengaruh positif, erat dan signifikan terhadap pembentukan kreativitas belajar siswa yaitu sebesar 0.216 > 0.211 atau t-hit > t-tabel pada taraf nyata α = 0.05. Persepsi siswa tentang model pembelajaran kooperatif tipe NHT mempunyai pengaruh positif, erat dan signifikan terhadap pembentukan motivasi belajar siswa yaitu sebesar 0,285 > 0.211 atau t-hit > t-tabel pada taraf nyata α = 0.05. Persepsi siswa tentang model pembelajaran kooperatif tipe NHT dan motivasi belajar siswa mempunyai pengaruh positif, erat dan signifikan terhadap kreativitas belajar siswa yaitu sebesar 0.196 > 0.115 atau f-hit > f-tabel pada taraf nyata α = 0.05. Kata kunci : kreativitas, motivasi, nht, pembelajaran kooperatif, persepsi