PENGEMBANGAN PEMBELAJARAN TUTORIAL MENGGUNAKAN KOMPUTER PELAJARAN AKUNTANSI

Main Authors: Maryani, Maryani, Sudarmanto, R Gunawan, Darsono, Darsono
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Lampung , 2014
Online Access: http://jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/JSS/article/view/4661
http://jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/JSS/article/view/4661/2915
Daftar Isi:
  • This research aims to develop a tutorial learning using a computer accounting and to determine the extent of the effectiveness of these products. Research design used of design. Development of learning the steps of Dick and Carey. The development of research results concluded that: the needs analysis use assessment questionnaires material expert, instructional design and learners. From the assessment results, it can be said that it is feasible to use. Computer learning tutorials is more effective and studentâ€TMs interest is more increased in the learning process rather than the comparison class that did not use computer learning tutorials. The effectiveness in the use of learning tutorials were tested using t-test coefficient t is greater than t coefficient data table (2:00 > 5058), thus learning tutorials used computer was declared more effectivePenelitian bertujuan mengembangkan pembelajaran tutorial menggunakan komputer pelajaran akuntansi dan untuk mengetahui sejauh mana efektifitas produk tersebut. Desain penelitian menggunakan desain. Desain pengembangan pembelajaran mengikuti langkah-langkah Dick and Carey. Hasil penelitian Pengembangan disimpulkan: Analis kebutuhan menggunakan angket penilaian ahli materi, desain pembelajaran dan peserta didik, dari hasil penilaian dapat dikatakan layak untuk digunakan. Pembelajaran  tutorial komputer lebih efektif dan minat belajar siswa lebih meningkat dalam proses pembelajaran dari pada kelas pembanding yang diberi perlakuaan tidak menggunakan pembelajaran tutorial komputer. Efektifitas penggunaan pembelajaran tutorial diuji dengan menggunakan uji- t diperoleh koefesien t hitung lebih besar dari data koefesien t table (5.058>2.00), dengan demikian pembelajaran tutorial menggunakan komputer dinyatakan lebih efektif.Kata kunci: pembelajaran akuntansi, pengembangan, tutorial komputer