PENERAPAN PENDEKATAN CTL BERORIENTASI LIFE SKILL UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN AKTIVITAS BELAJAR
Main Authors: | Setiawan, Dodi, Sudjarwo, Sudjarwo, Pargito, Pargito |
---|---|
Format: | Article info application/pdf eJournal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Lampung
, 2014
|
Online Access: |
http://jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/JSS/article/view/3882 http://jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/JSS/article/view/3882/2422 |
Daftar Isi:
- The research aimed to increase studentsâ€TM motivation and learning activity by using CTL approach that oriented to Life Skill in Geography learning. This research was Classroom Action Research. The data analysis technique was descriptive analysis. The result showed that there was an increase on studentsâ€TM motivation and learning activities in each cycles. In cycle I the percentage of studentsâ€TM motivation and learning had not yet reached the expected criteria. In cycle II the percentage of studentsâ€TM motivation and learning had increased compared to the preceding cycle but had not yet reached the expected criteria. In cycle III the percentage of studentsâ€TM motivation and learning had increased compared to the preceding cycle and that increase had reached the expected criteria. Based on the research discussion, that the learning by using CTL approach that oriented to Life Skill could Increase Studentsâ€TM Motivation and Learning Activity in Geography.Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi dan aktivitas belajar siswa dengan menggunakan pendekatan CTL yang berorientasi pada Life Skill dalam pembelajaran Geografi. Penelitian ini merupakan PTK. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan motivasi dan aktivitas belajar siswa pada setiap siklusnya. Pada siklus I persentase motivasi dan aktivitas belajar siswa belum mencapai kriteria yang ditentukan. Pada siklus II persentase motivasi dan aktivitas belajar siswa mengalami peningkatan dibandingkan siklus I tetapi belum mencapai kriteria yang ditentukan. Pada siklus III persentase motivasi dan aktivitas belajar siswa mengalami peningkatan dibandingkan siklus II dan peningkatannya sudah mencapai kriteria yang ditentukan. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, bahwa penerapan pendekatan CTL berorientasi pada Life Skill dapat meningkatkan motivasi dan aktivitas belajar siswa pada mata pelajaran geografi.Kata kunci : aktivitas belajar, ctl, motivasi belajarÂ